Peliharalah Mereka Dalam Nama-Mu

Renungan Rabu 16 Mei 2018

Bacaan: Kis. 20:28-38Mzm. 68:29-30,33-35a,35b-36cYoh. 17:11b-19

PELIHARALAH MEREKA DALAM NAMA-MU

Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. (Yoh 17:15)

Pernahkah kita bertanya pada diri sendiri, mengapa Allah menciptakan diriku – apa misi dan tujuan hidup yang dipercayakan-Nya padaku? Yesus mempunyai tujuan dan misi yang jelas, yaitu memuliakan Bapa Surgawi. Semua yang Ia lakukan dan katakan bertujuan untuk memuliakan Bapa-Nya. Bahkan dalam keadaan-Nya yang sangat menderita, di hadapan para murid Ia masih mendoakan dan meminta kepada Bapa agar menjadikan semua murid satu dalam nama Bapa seperti Dia dan Bapa adalah satu. Yesus ingin agar kita, para murid-Nya disatukan dengan Bapa di dalam Putera dan bersama dengan Roh Kudus sebagai satu anggota Tubuh Kristus.

Misi cinta kasih untuk membuat kita satu
Kasih yang begitu besar kepada kita manusia yang diciptakan menurut citra-Nya  membuat Allah mengutus Yesus dengan suatu tujuan dan misi. Dengan ketaatan yang luar biasa, dan dengan mengandalkan kekuatan, keberanian serta ketabahan yang berasal dari Bapa dijalani-Nya setiap langkah rencana Bapa tanpa menoleh ke belakang dan mengeluh.  

Ternyata, kita pun diciptakan dengan tujuan dan misi untuk memikul salib dan mengikut Yesus kapan pun Dia memanggil kita. Seperti dituliskan oleh Henry Newman (1801-1890) bahwa kita semua diciptakan untuk satu tugas tertentu yang tidak sama satu dengan yang lain – dan kita adalah satu mata rantai dari sekian banyak mata rantai lainnya yang terhubung sebagai satu kesatuan dengan Dia dan Bapa. Meski kita berbeda-beda dengan panggilan yang berlainan namun tetap satu dalam Bapa.

Yoh 17:15 ”…tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat” menjadi rhema saya selama seminggu ini. Pada hari Minggu, 13 Mei 2018, pukul 7.02 bersama suami saya berangkat menuju gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) dengan maksud mengikuti misa pukul 07.30. Sewaktu kami belok ke kiri di tikungan Toko Buku Manyar (kami dari arah selatan) kami merasakan suasana yang tidak biasa karena orang banyak berkerumun di trotoar kiri dan kanan jalan, demikian juga warga yang tinggal di sekitar semua keluar dari rumah bergerombol di tepi jalan. Mobil kami berjalan perlahan-lahan hingga mendekati traffic light, suami bertanya kepada seseorang yang berdiri di dekat tiang lampu lalin tersebut. Singkat saja jawabannya “ada bom bunuh diri” ….  sambil menunjukkan serpihan tubuh dan darah segar yang menempel di mobil-mobil yang masih parkir di sepanjang jalan “nih pak, lihat darah dan isi perutnya terbang ke mana-mana.”  Saya masih sempat melihat potongan-potongan tubuh manusia tergeletak di perempatan jalan. Suami saya langsung menutup kaca dan saya minta dia belok ke kiri menjauhi gereja.

Belum ada polisi yang tiba di tempat, artinya ledakan itu baru saja terjadi beberapa saat sebelum kami tiba di lokasi. Kami memutuskan untuk langsung menuju Kapel Hendrikus dengan harapan bisa mengikuti misa pukul 08.00 yang akhirnya dibatalkan.

Sepanjang jalan pulang saya bersenandung di dalam hati … pertolongan-Mu begitu ajaib… berulang-ulang sampai menjelang tidur malam sambil mengingat-ingat begitu luar bisa penjagaan Tuhan kepada kami. Seandainya kami tiba lebih awal sedikit saja pastilah saya pun menjadi salah satu korban, karena saya biasa turun dari mobil di pintu selatan gereja dan suami terus mencari parkir.

Nyata benar penyertaan Tuhan, kebaikan, kasih dan rahmat-Nya senantiasa menyertai kita semua, anak-anak-Nya yang bersedia dimuridkan dan diubah untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus.  Marilah kita semua menyerahkan hidup kita kepada Tuhan Yesus yang akan mempersatukan kita dengan Bapa-Nya.

Doa: “Tuhan Yesus, kami menyerahkan seluruh hidup kami kepada-Mu, jadikanlah kudus dan berkenan kepada-Mu. Kuduskanlah kami dan biarkanlah kami tinggal dalam kebenaran-Mu. Allah Roh Kudus, pimpin kami agar dapat taat mengikuti arahan dan bimbingan-Mu. Demi Kristus, Pengantara kami. Amin”

MM

Hasil gambar untuk John 17:15