Menunggu Sang Penolong

Renungan Selasa 8 Mei 2018

Bacaan: Kis. 16:22-34Mzm. 138:1-2a,2bc-3,7c-8Yoh. 16:5-11

MENUNGGU SANG PENOLONG

Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, penghibur itu tidak akan datang kepadamu; sebaliknya jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. (Yoh 16:7)

Kalau kita kaji sungguh-sungguh seruan Paulus ketika kepala penjara itu melihat penjara telah kosong : “Jangan celakakan dirimu, sebab kami semuanya masih ada di sini!”, kita bisa kagum akan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat berbeda antara Rasul Paulus dengan manusia pada umumnya.

Zaman sekarang, rasanya sulit ditemui orang yang masih memikirkan keselamatan atau kepentingan ataupun kebaikan orang lain, apalagi kalau orang lain itu tidak dipihaknya. 

Sedangkan Paulus seakan secara spontan menghalangi kepala penjara itu untuk mencelakai dirinya sendiri. Dari kesungguhan Paulus mencegah orang itu mengambil nyawanya sendiri, nampak jelas belas kasih dan kepeduliannya akan keselamatan atau kebaikan orang lain.

Bagaimana dengan dunia pada umumnya? Bukankah sering kita dengar seseorang diganggu tanpa ada yang membantu walau sekitarnya banyak orang. Atau mungkin membela seseorang yang dituduh secara tidak adil, dan sebetulnya kita tahu dia tidak bersalah.

Jelas kiranya bahwa pemikiran-pemikiran yang baik dan benar seperti dimiliki Paulus, timbulnya bukan dari hati manusia yang seringkali memikirkan yang jahat dan egois. Hati yang memikirkan kebaikan orang lain timbul karena daya Roh Kudus yang dijanjikan Yesus. Yesus jelas mengatakan bahwa bila Ia tidak pergi, maka Roh Kudus tidak akan datang menginsyafkan dunia akan dosa-akan kesalahan kita.

Marilah kita mohon kedatangan Roh Kudus dalam hati kita dengan kerinduan yang dalam agar hidup kita dituntun ke dalam kemurnian yang berkenan kepada Tuhan; dituntun ke dalam kebenaran sejati tanpa memikirkan untung ruginya bagi diri sendiri.

Doa: Ya Yesus, dengan rindu kami menunggu Penolong yang Kau janjikan. Semoga hidupku semakin diterangi oleh tuntunan-Nya. Amin. (HCLK)

Hasil gambar untuk i will send him to you