Harapan Baru

Renungan Rabu 9 Mei 2018

Bacaan: Kis. 17:15,22-18:1Mzm. 148:1-2,11-12ab,12c-14a,14bcdYoh. 16:12-15

ROH KUDUS MEMBERI HARAPAN BARU

Di masa sulit dalam krisis ekonomi seperti saat ini, banyak orang kehilangan harapan akan jaminan masa depannya. Kehidupan sehari-hari yang penuh persaingan dan konflik semakin membuat manusia sulit mengharapkan sesuatu yang memberi rasa aman bagi hidupnya. Biasanya manusia butuh segala sesuatu yang pasti, sebuah jaminan, sebuah keselamatan. 

Manusia berusaha mencapai cita-citanya yang akan memberikan kepastian lebih aman akan masa depannya, mereka mengejar ilmu hingga pendidikan tertinggi, mereka bekerja lebih keras lagi agar memperoleh hasil yang lebih banyak, mereka melakukan banyak hal dalam strategi untuk menang baik dengan cara yang sah maupun tidak sah, agar apa yang menjadi harapannya bisa tercapai.

Namun banyak manusia yang tidak tahu, lupa, terlena, acuh tak acuh, bahwa harapan sesungguhnya atas hidup ini terletak dalam nama Yesus. Yesus yang mampu memberikan jaminan abadi bagi masa depan kita, “Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.” (Yoh 16:15)

Maka dibutuhkan kerja sama dari manusia untuk mau menerima Roh Kudus setiap hari yang akan membimbing langkah hidupnya menuju harapan hidup yang berkelimpahan dalam kebahagiaan abadi yang penuh suka cita dalam Yesus Tuhan. Oleh karena itu syarat utama adalah dengan menerima Roh Kudus yang akan membimbing, “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.” (Yoh 16:13)

Menjadi dewasa dan cerdas dalam iman itu sangat penting, jauh lebih penting daripada cerdas dalam ilmu pengetahuan, sebab ilmu pengetahuan akan lenyap di kala kita mengakhiri hidup di dunia ini, namun kecerdasan rohani akan bermanfaat dan kita bisa memetik hasil panennya di kala kita memasuki hidup kekal, seperti yang Yesus katakan dalam Yoh 16:12: “Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.” Maka dibutuhkan kedewasaan dan kecerdasan rohani untuk dapat mengerti, untuk dapat menanggungnya bersama Yesus dalam hidup ini. Karena Roh Kuduslah yang akan memimpin ke dalam seluruh kebenaran. Jenis orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus, ia akan mematikan perbuatan-perbuatan tubuh (Rm.8:13), maka mereka akan menerima kebenaran yang dipimpin oleh Roh Kudus dan menjadi anak-anak Allah (Rm. 8:14) serta akan menjadi ahli waris kerajaan surga. Orang yang dipimpin oleh Roh Kudus akan hidup sesuai dengan ajaran dan perintah Kristus, walaupun dalam kenyataan hidup ini, banyak hal yang mengecewakan dan tidak sesuai dengan harapan kita.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. (IGP)

Hasil gambar untuk John 16:12