Beritakanlah Injil

Renungan Kamis 10 Mei 2018, Hari Raya Kenaikan Tuhan

Bacaan: Kis. 1:1-11Mzm. 47:2-3,6-7,8-9Ef. 1:17-23 atau Ef. 4:1-13(Ef. 4:1-7,11-13); Mrk. 16:15-20

BERITAKANLAH INJIL

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. (Mrk 16:15)

Selamat pagi Teman-Teman terkasih.

Ada tiga bacaan firman Tuhan yang indah dalam merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan. Dalam melakukan Lectio Divina terhadap ketiga bacaan ini, saya menikmati cinta kasih Tuhan yang sudah memanggil, memilih dan mengutus saya secara pribadi untuk menjadi pekerja di ladang Tuhan dalam mengembangkan Kerajaan Allah di dunia ini.

Pertama:
Sebelum naik ke surga, Yesus berkata: “Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.” “Tetapi kamu akan menerima kuasa, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem, di seluruh Yudea dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.”

Puji Tuhan saya sudah menikmati baptisan Roh Kudus dan merasakan kuasa-Nya, untuk diutus menjadi saksi Yesus ke mana-mana memberitakan kabar gembira Injil-Nya ke tempat-tempat yang tidak pernah saya sangka sebelumnya. Sangat mencengangkan karya perutusan-Nya. Hanya lewat kuasa-Nya saya bisa ke tempat-tempat itu, sampai ke ujung bumi.

Kedua:
Lewat nasihat Paulus dalam Ef.4:1-13, saya juga sungguh menikmati anugerah yang Yesus janjikan “kasih karunia” menurut ukuran pemberian Kristus kepada kita masing-masing. Yesus memenuhkan segala sesuatu untuk memperlengkapi orang-orang kudus-Nya bagi tugas pelayanan, bagi pembangunan Tubuh Kristus. Supaya kita semua akan mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar, kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.

Luar biasa karya perutusan panggilan ini, sehingga kita tidak bisa atau tidak boleh iri hati, cemburu. Kita harus menjaga hidup kita berpadanan dengan panggilan ini. Tetap rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Menunjukkan kasih yang saling membantu. Berusaha memelihara kesatuan roh dalam ikatan damai sejahtera.

Ketiga:
Injil hari ini menunjukkan wasiat agung kepada semua murid Yesus untuk diutus sampai ke ujung dunia, ke mana-mana. Pembekalan kuasa-Nya luar biasa. Sudah kita rasakan dan hayati, bahwa kuasa Ilahi selalu menyertai pelayanan dalam hidup kita. “Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.”

Firman Tuhan hari ini memberikan Kasih,sukacita yang penuh dan membuat hidup kita bisa menikmati damai sejahtera.

SELAMAT PESTA KENAIKAN TUHAN

Doa: Kami sungguh bersyukur kepada-Mu ya Yesus Tuhan kami. Berilah kami rahmat-Mu, agar kami tetap setia melayani Engkau dan melayani sesama kami. Apa pun yang kami lakukan dalam pelayanan hidup ini, semuanya hanya demi kemuliaan-Mu, Engkau yang sudah naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa, bersama Roh Kudus kami memuji-Mu, kini, sekarang dan selama sepanjang abad. Amin.

Tuhan memberkati kita semua.
Vincent A. Dipojugo.

Hasil gambar untuk mark 16:15