Melakukan Pekerjaan Bapa

Renungan Kamis 15 Maret 2018

Bacaan: Kel. 32:7-14Mzm. 106:19-20,21-22,23Yoh. 5:31-47

MELAKUKAN PEKERJAAN BAPA

Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku. (Yoh 5:36)

Dalam dunia moderen dewasa ini, sebagaian besar motivasi orang melakukan sesuatu adalah untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Dalam pekerjaan, sering terjadi di mana teman-teman kerja atau kita sendiri berlomba untuk mendapatkan pengakuan dari atasan, supaya bisa mendapatkan bonus, kenaikan gaji atau jabatan. Tidak menutup kemungkinan pula dalam hidup rohani, terkadang secara tidak disadari kita melakukan pelayanan untuk kepuasan diri, untuk dapat popularitas, pengakuan, pujian dan seterusnya. Hari ini Tuhan mau mengingatkan kita untuk mengubah prioritas dan alasan di balik semua perbuatan yang kita lakukan.

Dalam bacaan injil hari ini Tuhan Yesus mengatakan, ”Kamu menyelidiki kitab-kitab suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun kitab-kitab suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.”

Tuhan mengajak kita untuk kembali pada prioritas yang benar, yaitu melakukan kehendak Allah. Seperti yang diteladankan Tuhan Yesus, apapun yang Dia lakukan selama hidup-Nya, alasannya cuma satu, melakukan kehendak Allah Bapa. Seluruh hidup-Nya mencerminkan kasih Bapa. Tidak pernah Tuhan Yesus melakukan sesuatu dengan tujuan untuk mencari sensasi, popularitas, kemuliaan, ketenaran dari orang-orang di sekitarnya. Bagaimana dengan kita?

Santo Paulus juga mengatakan dalam 1 Korintus 10:31, jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Dalam masa prapaskah ini, marilah kita merenungkan kembali semua perbuatan dan pikiran kita, semua puasa dan pantang yang kita lakukan. Biarlah semua yang kita lakukan dalam hidup kita hanya semata-mata untuk melakukan kehendak-Nya dan memuliakan nama-Nya.

Berkah Dalem
VBP

Hasil gambar untuk kehendak bapa