Let It Go

Renungan Selasa 6 Maret 2018

Bacaan: Dan. 3:25,34-43Mzm. 25:4bc-5ab,6-7bc,8-9Mat. 18:21-35

Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau? (Mat 18:33)

Let it go

Let it go, let it go…

Can’t hold it back anymore…

Let it go, let it go…

Turn away and slam the door….

Lirik lagu di atas berasal dari sebuah soundtrack film “Frozen”, sebuah film anak-anak yang pernah menjadi begitu populer. Lepaskan dirimu dari masa lalumu, berputarlah dan bantinglah pintu masa lalu itu sekeras-kerasnya.. Begitulah kira-kira arti dari lirik lagu di atas.

Kita pun perlu melepaskan pengampunan akan masa lalu. Mengampuni diri sendiri, mengampuni sesama dan Tuhan. Tidak lagi menoleh ke belakang, percaya bahwa Tuhan sudah mengampuni. Dengan melepaskan pengampunan maka kita akan dibebaskan dari amarah, benci dan dendam.

Firman Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa kita semua tak luput dari dosa. Kita semua pendosa. Kalau Tuhan Yesus saja mau mengampuni kita terus menerus, mengapa kita begitu susah untuk mengampuni diri sendiri dan orang lain.

Kalau kita terluka, Yesus pun terluka dan Yesus mau mengampuni orang yang telah melukai kita. Bagaimana dengan kita?

Memang mengampuni memerlukan perjuangan dan usaha. Pertama-tama dibutuhkan niat, kemauan untuk mengampuni. Dan melalui doa, Roh Kudus akan bekerja memberi kekuatan dan keberanian kepada kita untuk melakukan tindakan mengampuni.

Sadarilah bahwa rasa dendam, amarah dan benci itu ada, akuilah kerapuhan diri, kita begitu bergantung pada kasih karunia Tuhan Yesus, katakanlah kepada diri sendiri “saya mau mengampuni diri saya, saya mau mengampuni sesama tanpa syarat seperti Yesus sudah mengampuni saya dan orang lain tanpa syarat”.

Let it go… Let it go…

Tuhan memberkati.

ppt 

Hasil gambar untuk Let it go