Kelemahan Allah

Renungan Selasa 27 Maret 2018

Bacaan: Yes. 49:1-6Mzm. 71:1-2,3-4a,5-6ab,15,17Yoh. 13:21-33,36-38

KELEMAHAN ALLAH

Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.” (Yoh 13:21)

Pernah suatu saat ketika masih kecil saya mempermalukan kedua orang tua gara-gara mengacaukan tatanan panggung pada acara pernikahan, di mana saat itu band dan mempelai harus berhenti cukup lama sebelum memulai kembali pesta pernikahan tersebut. Alhasil saya menangis keras setelah mendapat hadiah jeweran telinga dan cubitan jurus kepiting pada kedua paha…. #sakitbanget …

Hal ini beda jauh dengan apa yang Yesus lakukan dalam seluruh hidup-Nya untuk melaksanakan kehendak Bapa yang dengan sangat rela supaya Bapa dimulaikan oleh setiap manusia. Yesus tidak mencari keuntungan dari kedudukan-Nya yang dekat dengan Bapa, sebaliknya Ia taat melaksanakan kehendak Allah, Bapa-Nya, agar Allah dipermuliakan di dalam Dia.

Dan pada pemenuhan misi Yesus di dunia ini, berlakulah Yudas sebagai perwakilan dari puncak misteri kejahatan manusia terhadap Allah yang mencintai ciptaan-Nya. Tampak sepertinya kejahatan tidak bisa diperbaiki… malah terlihat kebaikan yang terus kalah dengan kejahatan. Namun Injil menunjukkan bahwa terang menaklukkan kegelapan. Dengan cara membiarkan kegelapan ‘menguasai’nya! Allah tampak lemah, tampaknya jauh lebih lemah dari kejahatan. Padahal kelemahan Allah dalam pribadi Yesus adalah satu-satunya kekuatan yang dapat membebaskan manusia dan merenggutnya dari kuasa maut.

Belajar lebih dalam tentang Yesus yang mencintai di Sentra Evangelisasi Pribadi merupakan sarana terbaik yang saya alami untuk menjadi seorang murid yang taat dan mencintai kembali kasih mula-mula. Kasih yang memberikan sukacita, damai sejahtera, kasih yang memberikan kesabaran, kemurahan, kebaikan dan kesetiaan, kasih yang lemah lembut, dengan penguasaan diri.

Semoga semakin hari, Roh-Nya hidup semakin besar di dalam diriku, diri Anda dan diri seluruh umat yang mencintai-Nya.
AMDG (vmg)

Gambar terkait