Maka… Terusirlah Yesus..

Renungan Senin 12 Februari 2018

Bacaan: Yak. 1:1-11Mzm. 119:67,68,71,72,75,76Mrk. 8:11-13

MAKA… TERUSIRLAH YESUS…

Ia meninggalkan mereka ; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang. (Mrk 8:13)

Mengapa Yesus meninggalkan orang-orang Farisi itu? Apa yang membuat Yesus pergi? 

Apakah karena mereka meminta tanda dari Sorga? Dalam kisah Gideon, ketika diberi tugas membebaskan bangsa Israel dari cengkeraman bangsa Midian, dia berulang kali meminta tanda dari Tuhan. Dan Tuhan memberikan tanda-tanda itu sebagai peneguhan, jadi tampaknya “minta tanda” bukanlah alasannya.

Orang-orang Farisi minta tanda untuk mencobai Yesus. Mereka berbuat demikian karena merasa iri terhadap Yesus. Masalah yang menyebabkan Yesus tidak berbuat apa-apa adalah karena perasaan iri itu.

Dalam kenyataan hidup saat ini,  rasa iri sering masih melekat di hati. Iri kepada orang lain. Rasa iri timbul karena ke-aku-an yang pekat. Rasa iri membuat kita tidak mampu melihat kehadiran Yesus, baik dalam hidup kita maupun dalam diri sesama.

Kehadiran Tuhan Yesus membawa kasih, damai dan sukacita. Sedangkan iri menghapuskan kasih kepada sesama. Orang lain dipandang sebagai ”bukan sesama”, bahkan sebagai musuh, sehingga melenyapkan damai. Iri menghilangkan sukacita karena membuat kita tak mampu menghargai apa yang ada pada diri sendiri maupun mensyukuri berkat yang dianugerahkan kepada sesama. Banyak tindakan dosa yang dilakukan karena perasaan iri dengki.

Rasa iri membuat Yesus ”terusir” dari hidup kita. Rasa iri seumpama sumbat pintu baja yang menutup rapat mata, telinga dan hati terhadap kehadiran-Nya.

Mengambil keputusan terbaik adalah penting pada hari ini, yaitu mengatasi perasaan iri dalam pertolongan Roh Kudus, sambil terus menerus mengucap syukur atas semua anugerah Tuhan bagi diri sendiri dan bagi orang, yang kepada siapa kita telah menaruh perasaan iri.

Doa: Tuhan Yesus, ampunilah aku yang telah mengutamakan diri sendiri, sehingga mengabaikan kasih kepada-Mu dan sesamaku. Sembuhkanlah aku, orang berdosa ini. Amin.

-ips-

Hasil gambar untuk bertolak ke seberang