Roh Yang Menyala-Nyala Untuk Melayani Tuhan

Renungan Minggu 21 Januari 2018

Bacaan: Yun. 3:1-5,10; Mzm. 25:4bc-5ab,6-7bc,8-9; 1Kor. 7:29-31; Mrk. 1:14-20

ROH YANG MENYALA-NYALA UNTUK MELAYANI TUHAN

Kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” (Mrk 1:15)

Para Sahabat SEP dan KEP,

Hari ini bacaan injil mengenang penginjilan yang dilakukan oleh nabi Yunus dan Yesus. Melalui SEP dan KEP kita diajarkan untuk menginjili secara pribadi, face to face, dimulai dari membina persahabatan sampai membawa orang mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus lewat kesaksian-kesaksian dan pendampingan kita.

Sebagai ketua lingkungan saya sangat bersyukur sekali melalui pengajaran lima langkah penginjilan. Saya mengetahui bagaimana membawa orang kepada Kristus, tidak cukup hanya lewat pertemuan doa, arisan doa, misa dll, namun harus ada pendekatan personal, antar pribadi, bersahabat dengan mereka satu demi satu, berempati dengan setiap permasalahan mereka, ikut membantu mengurangi beban mereka, mencarikan pekerjaan, menegur yang kurang bisa bersyukur, mengajak yang belum mau aktif, menerima dan mengasihi mereka apa adanya, mengantar mereka ke tempat adorasi dan seminar dll. Tetapi kadang kala ada saat-saat di mana saya menyerah dan putus asa, bilamana ajakan-ajakan saya ditanggapi dingin, bilamana mereka mengemukakan seribu satu macam dalih.

Saudaraku terkasih, mari kita belajar dari Nabi Yunus yang pantang menyerah dalam menanggapi panggilan Allah untuk mewartakan kabar baik keselamatan. Juga Yesus yang tidak pernah menyerah bahkan sampai mati di kayu salib demi menyelamatkan kita.

Mari saudaraku terkasih kita juga jangan putus asa dan kendor semangat, kita jangan suam-suam kuku, dan mengejar pada apa yang kita sukai, jangan kita terpaku pada kelekatan dunia, maupun kelekatan rohani (mencari penghiburan rohani). Ingat! Perjuangan kita melawan roh-roh yang ada di udara, iblis siang malam berusaha menggoda supaya kita tidak melakukan tugas penginjilan, supaya kita lupa dan terlena hidup dalam kedagingan.  

Bangunkanlah roh yang tidur, “biarlah Roh Mu menyala-nyala dan layanilah Tuhan”. Mari ambil tindakan dan pikirkan hari ini siapa yang mau kita injili? Tulis dan kerjakan.

Tuhan memberkati.

ppt

Hasil gambar untuk biarlah rohmu menyala nyala