Mengusir Roh Jahat

Renungan Minggu 28 Januari 2018

Bacaan: Ul. 18:15-20Mzm. 95:1-2,6-7,8-91Kor. 7:32-35Mrk. 1:21-28

MENGUSIR ROH JAHAT

Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” (Mrk 1:25)

Saudara-saudara, pada bacaan Injil hari ini diwartakan bahwa Yesus mengusir roh jahat di rumah ibadah di Kapernaum. Pada saat Yesus mewartakan firman-Nya, tiba-tiba ada seseorang yang kerasukan roh jahat dan hendak mengusir Yesus. Pertanyaannya, bagaimana bisa roh jahat masuk ke dalam rumah ibadah yang seharusnya adalah tempat yang kudus? Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus, roh jahat itu menyerang kepada siapa saja yang lengah. Bisa jadi saat ini roh jahat sedang menyerang kehidupan rumah tangga/keluarga kita, menyerang pekerjaan/studi kita, menyerang hidup berkomunitas dan pelayanan kita dengan berbagai macam cara seperti perpecahan, saling mencurigai dll.. Roh jahat menyerang kita tidak memandang kita sedang berada di mana namun dia hanya dapat menyerang kepada kita yang tidak beriman teguh kepada Tuhan.

Pada bacaan Injil hari ini, Yesus mampu mengusir roh jahat dalam diri orang tersebut. Yesus mampu menunjukkan kuasa-Nya dan memenangkan perkara tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan dengan takutnya roh jahat ketika melihat Yesus hadir di situ. Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus, ketika kita hendak mengusir roh jahat yang menyerang kehidupan kita, tidak ada cara lain selain membuat Yesus hadir dalam hidup kita. Sudahkah kita menjadi cerminan Kristus yang membuat orang-orang di sekitar kita melihat Kristus dalam hidup kita? Dengan membiarkan Yesus tinggal dalam diri kita serta berusaha untuk menjadi Kristus dengan melakukan apa yang menjadi kehendak-Nya, secara otomatis roh-roh jahat akan takut atas kita karena melihat kuasa Tuhan yang ada dalam diri kita. Atau mungkin apakah selama ini malah justru kita yang menjadi pusat perpecahan atau karena kelengahan kita, kita justru dijadikan alat untuk menyerang satu sama lain?

Saudara-saudara, untuk mengusir roh-roh jahat yang berada di sekitar kita, kita perlu menggunakan perlengkapan senjata Allah serta perlunya mengimani Kristus. Dengan kita memiliki iman yang penuh kepada Yesus, kita sebenarnya sudah dimenangkan, diselamatkan, dan diberi kuasa. Tuhan memberkati. (LT)

Hasil gambar untuk come out of him