Mengapa Kamu Begitu Takut?

Renungan Sabtu 27 Januari 2018

Bacaan: 2Sam. 12:1-7a,11-17Mzm. 51:12-13,14-15,16-17Mrk. 4:35-41

MENGAPA KAMU BEGITU TAKUT?

Lalu mengamuklah taufan yang sangat dashyat, dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid membangunkan Yesus dan berkata kepada-Nya, “Guru, Engkau tidak peduli kalau kita binasa?” Yesus pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau, “Diam! Tenanglah” lalu angin itu reda dan danaupun menjadi teduh sekali. “Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya? (Mrk 4:37-40)

Ketika banyak pekerjaan yang tidak sesuai dengan target yang harus saya selesaikan, kadang membuat hati saya cemas, dan ketika saya membiarkan kecemasan itu masuk, maka khawatir dan pikiran negatif juga mulai timbul dalam hati saya. Bagaikan air dalam perahu para murid yang semakin banyak dan membuat mereka menjadi takut. Demikian juga dengan kuatir dan pikiran negatif yang semakin meracuni saya, sehingga saya mulai takut dan akhirnya justru saya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan saya bahkan saya merasa tidak berdaya dan bodoh.

Mengapa saya begitu takut, tidak berdaya dan bodoh?

Ternyata kesibukan-kesibukan saya membuat kualitas relasi saya dengan Tuhan Yesus menjadi buruk, waktu doa yang pendek, merenungkan firman-Nya dengan singkat. Sehingga saya merasakan saya berjalan sendiri, memikul semua beban dengan kekuatanku.

Melalui firman hari ini, saya disadarkan bahwa saya harus mempunyai relasi yang baik dengan Tuhan, kesibukan saya tidak boleh mencuri waktu relasi saya dengan Tuhan, sehingga saya merasakan ketenangan karena penyertaan Tuhan dalam setiap langkah saya, saya mengundang Tuhan Yesus untuk membimbing, menolong saya setiap saat.

Doa: Terima kasih Tuhan, Engkau tidak pernah meninggalkan kami sedetik pun, dan Engkau selalu peduli dengan keadaan kami. Biarlah mata kami selalu tertuju kepada-Mu, agar kami mempunyai kekuatan dan keberanian dalam menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab kami. Amin. (CTS)

Hasil gambar untuk mark 4:40