Kelepasan Karena Tuhan

Renungan Senin 29 Januari 2018

Bacaan: 2Sam. 15:13-14,30; 16:5-13aMzm. 3:2-3,4-5,6-7Mrk. 5:1-20

KELEPASAN KARENA TUHAN

Mungkin TUHAN akan memperhatikan kesengsaraanku ini dan TUHAN membalas yang baik kepadaku sebagai ganti kutuk orang itu pada hari ini.” (2 Sam 16:12)

Suatu ketika ada seorang bapak yang dirundung kemalangan dan hidupnya sangat susah, lalu ia datang kepada orang yang kaya raya, ia berharap dapat meminjam uang. Namun bukannya pertolongan yang ia dapat melainkan segala macam kritik yang menyakitkan. Bapak ini pulang dengan tangan hampa, tetapi ia tidak marah kepada orang yang kaya raya itu. Ia berdoa dan berseru kepada Tuhan, sehingga Tuhan memberi jalan keluar.

Diceritakan dalam kitab Samuel bahwa Daud mengalami kesengsaraan dan ia dikutuki oleh Simei bin Gera. Sekalipun salah seorang pahlawan Daud hendak membalasnya, tetapi Daud melarangnya. Daud memiliki kelepasan dari ego, harga diri, kedagingan karena pengharapannya kepada Tuhan.

Tidak mudah mengalami suatu kelepasan tanpa campur tangan Tuhan karena kita manusia yang lemah. Apakah kita menyadari keterikatan kita dan membawanya kepada Tuhan yang berkuasa untuk melepaskannya? (THW)

Gambar terkait