Orang Tidak Mengenal Dia

Hasil gambar untuk elijah and john the baptist

Renungan Sabtu 16 Desember 2017

Bacaan: Sir. 48:1-4,9-11; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; Mat. 17:10-13

ORANG TIDAK MENGENAL DIA

dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka. (Mat 17:12)

Elia adalah orang yang istimewa semasa hidupnya. Dia mengadakan banyak mukjizat dan perkataannya penuh kuasa untuk memulihkan bangsa Israel. Yesus mengatakan kepada para murid bahwa sesungguhnya Yohanes Pembaptis adalah gambaran Elia yang dijanjikan, yaitu mempersiapkan kedatangan Mesias. Yohanes Pembaptis datang untuk membawa orang kepada pertobatan dan orang tidak mengenal dia. Mereka mengolok-olok bahkan menganiaya dan membunuh dia, demikian pula Kristus yang menderita sebagai utusan Tuhan.

Sering kita juga tidak menyadari bila seseorang diutus Tuhan untuk menegur kita dan berusaha membawa kita dalam pertobatan. Yang terjadi adalah kita bersungut-sungut bila orang itu mengingatkan kita akan kesalahan kita.

Mari kita merenungkan ada banyak orang di sekitar kita seperti Elia, Yohanes Pembaptis yang diutus Tuhan untuk membuat kita bertobat dan kita tidak mengenalinya. Adakah kita berbuat sesuka hati kita memperlakukan orang-orang yang sesungguhnya diutus Tuhan? (THW)