Belajar Menghidupi Sabda-Nya

 

Renungan Kamis 19 Oktober 2017

Bacaan : Rm. 3:21-30Mzm. 130:1-2,3-4b,4c-6Luk. 11:47-54

BELAJAR MENGHIDUPI SABDA-NYA

Tatkala Yesus duduk makan di rumah orang Farisi, Ia berkata: “Bahkan Aku berkata kepadamu, semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini, celakalah kalian hai ahli-ahli Taurat, sebab kalian telah mengambil kunci pengetahuan, kalian sendiri tidak masuk ke dalamnya, tetapi orang yang berusaha masuk, kalian halangi.”

Yesus menjelaskan kepada kita bahwa ahli Taurat dan orang Farisi belajar tentang hukum Taurat. Mereka mengajarkan hukum Taurat kepada umat Allah, tetapi mereka cuma mengajar dan tidak melakukan hukum taurat itu. Saat Yesus mengajar, mereka berusaha menghalangi-halangi, selalu memperhatikan dan mencari-cari kesalahan Yesus.

Kita pun tanpa sadar sering melakukan apa yang dilakukan oleh ahli Taurat dan orang Farisi. Kita banyak belajar kitab suci, mengikuti berbagai kursus, seminar yang diadakan di lingkungan, wilayah, dan  paroki bahkan di kelompok kategorial bahkan kita banyak mengetahui dan telah memiliki kunci pengetahuan, tetapi tanpa sadar kita sering tidak melakukan dan menghidupkan Sabda Allah dengan tidak menghidupi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sabda Allah hari ini, mengingatkan kita semua untuk belajar menghidupi sabda-Nya setiap hari dengan tidak hanya mampu mengajar dan mewartakan sabda-Nya kepada umat, melainkan mewujudkan dalam keseharian hidup kita.

Doa: Ya Bapa di Surga, ampuni setiap kelemahan, kelalaian dan kemalasan kami. Bantu kami agar bisa  belajar menghidupi sabda-Mu setiap hari sehingga iman kami semua boleh semakin bertumbuh di dalam Engkau. Bantu setiap kami mampu untuk dapat mengatur waktu yang Kau percayakan kepada setiap kami sehingga kami semua mampu menghidupi setiap sabda-Mu dalam hidup kami sehari-hari sehingga semakin banyak pribadi yang berjumpa dengan kami dan semakin rindu untuk datang kepada-Mu melalui hidup kami. Amin. (KSM)