Orang Sakit Memerlukan Tabib

Hasil gambar untuk matthew 9:12

Renungan Kamis 21 September 2017, Pesta St. Matius Rasul dan Penginjil 

Bacaan: Ef. 4:1-7,11-13Mzm. 19:2-3,4-5Mat. 9:9-13

ORANG SAKIT YANG MEMERLUKAN TABIB

Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.” (Mat 9:12)

Dulu pertama kali saya bergabung di komunitas, ada perasaan tidak nyaman dan tidak layak, karena saya merasa bahwa hidup saya masih banyak dosa. Tetapi karena kasih karunia Tuhan, dikirimkan seseorang untuk membimbing saya secara rohani. Singkat kata kehidupan rohani saya semakin membaik. 

Tetapi dalam perjalanan rohani saya, ketika saya merasa kehidupan sudah semakin baik, ternyata saya menjadi sombong. Saya melihat orang lain yang tidak mempunyai kehidupan rohani adalah orang berdosa. Saya tidak mau bergaul dengan mereka. Saya mulai menghindari mereka. Saya tidak ubahnya seperti seorang Farisi. 

Tetapi sungguh saya diingatkan oleh firman Tuhan hari ini bahwa dulu saya juga orang berdosa yang hidup dalam kesalahan. Hanya karena belas kasih Allah yang mengirim pembimbing rohani, maka kehidupan rohani saya menjadi baik. Saya disadarkan bahwa justru orang yang belum bertumbuh dan yang masih belum mengenal Tuhan adalah orang yang harus didekati dan diajak berteman. Sehingga dengan demikian saya bisa menceritakan kisah Kristus kepada mereka. 

Doa: Ya Tuhan Yesus ajar saya untuk menyadari bahwa setiap manusia berdosa tetap layak menerima keselamatan yang Kau sediakan. Biarlah Kau pakai saya sebagai saluran berkat bagi mereka. Amin. (HFS)