Janji Allah Adalah Keselamatan Bagi Kita

Image result for John 3:16

Renungan Kamis 14 September 2017, Pesta Salib Suci

Bacaan: Bil. 21:4-9Mzm. 78:1-2,34-35,36-37,38Flp. 2:6-11Yoh. 3:13-17

JANJI ALLAH ADALAH KESELAMATAN BAGI KITA

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh 3:16)

Selamat pagi para sahabat Kristus.
Setiap orang pasti senang kalau dijanjikan sesuatu yang positif, karena di dalam janji itu ada pengharapan. Saya teringat suatu peristiwa pada masa kecil. Waktu itu saya mau merayakan ulang tahun. Orang tua berjanji untuk membelikan mainan yang sangat saya sukai. Sehari sebelum hari H, terjadi suatu kecelakaan kecil. Pada waktu saya memompa balon yang akan dipakai untuk perayaan ulang tahun, tiba-tiba pompa angin yang saya pakai terlepas dari posisinya dan menghunjam dengan kejamnya ke salah satu jari kaki saya. Akibatnya kuku dari jari yang kejatuhan pompa tersebut copot. Saya merasa ngeri juga dengan kesakitan yang amat sangat. Saya menangis sejadi-jadinya. Saya menangis, sebenarnya karena dua hal, yaitu kesakitan dan takut tidak bisa pergi ke toko mainan untuk memilih mainan yang saya idamkan. Keesokan harinya, pada hari ulang tahun, berkat janji kado mainan baru, sesakit apapun, saya nekat pergi ke toko mainan. Dengan berjalan terpincang-pincang, tetap saya jalani. Ternyata sebuah janji mempunyai kekuatan yang luar biasa.

Janji Tuhan hari ini, “….demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya pada-Nya beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:14.15). Ini adalah suatu janji yang luar biasa. Tidak ada satu pun orang di dunia yang mampu memberikan janji seperti ini. Karena Allah adalah pemilik hidup kita, tidak ada kata gagal di dalam segala rencana-Nya. Apa yang dijanjikan-Nya pasti berhasil. Sekalipun untuk perkara-perkara yang mustahil bagi kita. Syaratnya kita meninggikan dan percaya kepada Yesus.

Dalam Yoh 3:16:
• Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini
Inilah hakekat Allah yang kita sebut sebagai Allah adalah kasih (1 Yoh 4:16a). Sebobrok apapun kehidupan kita, kasih Allah kepada kita tidak pernah berubah. Bukan karena perbuatan baik kita, maka Ia mengasihi kita, namun Allah adalah kasih tidak pernah bisa berubah.
• Sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal
Kata “mengaruniakan” bisa berarti memberikan. Allah memberikan anak-Nya satu-satunya, Yesus Kristus, kepada dunia. Allah tahu betapa kejamnya dunia di saat Yesus lahir. Namun Allah menghadirkan Yesus sebagai Mesias, sang penyelamat, dan sebagai hamba, dalam waktu bersamaan. Yesus adalah raja (Dan 7:14). Yesus juga adalah hamba (Yes 42:1-4).
• Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 
Inilah janji Allah yang sangat luar biasa, percaya pada Yesus maka kita akan beroleh hidup yang kekal.

Mari para sahabat, ini yang Allah mau, percaya pada Yesus dan kita akan diselamatkan. Tuhan Yesus hadir bukan untuk menghakimi kita (Yoh 3:17). Ingatlah selalu janji Allah, pegang janji Allah yang tidak pernah ingkar, agar kita diselamatkan.

Tuhan Yesus memberkati. 

BVJSW