Berjaga-Jaga

Renungan Jumat 1 September 2017

Bacaan: 1Tes. 4:1-8; Mzm. 97:1-2b,5-6,10,11-12; Mat. 25:1-13

BERJAGA-JAGA

Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya. (Mat 25:13)

Beberapa minggu yang lalu dalam pembicaraan dengan seorang teman, dia menceritakan bagaimana dirinya harus dioperasi jantung di luar negeri karena mengalami penyumbatan pada pembuluh darah utama. Dengan sangat bersemangat dia menceritakan bagaimana dia dioperasi oleh dokter terbaik di rumah sakit tersebut, dengan peralatan canggih dan juga menghabiskan biaya yang sangat besar, dan akhirnya dia mengatakan, “Untungnya saya sudah ikut asuransi kesehatan yang diganti seluruhnya, saya ikut asuransi untuk berjaga-jaga.”

Membaca Injil hari ini mengingatkan saya bagaimana seseorang sadar akan kemungkinan mengalami hal-hal buruk dalam hidupnya dan mengantisipasi dengan tindakan-tindakan untuk berjaga-jaga. Seseorang mengikuti asuransi untuk berjaga-jaga akan kesehatannya, menabung cukup banyak untuk berjaga-jaga hari tuanya. Kalau untuk kehidupan yang sementara ini saja manusia mampu membuat perhitungan dan melakukan tindakan untuk berjaga-jaga, mengapa untuk hal yang terpenting yaitu kehidupan kekal jarang manusia memikirkan dan melakukan persiapan untuk berjaga-jaga?

Sepuluh gadis yang membawa pelita sama-sama menunggu pengantin, menggambarkan orang-orang percaya yang menantikan Tuhan, tetapi ternyata sebagian hanya menanti tanpa persiapan, sedangkan yang pandai tidak hanya menanti tetapi juga melakukan persiapan yang baik. Apakah dalam penantian kita untuk bersatu dengan Tuhan Yesus, kita juga sudah melakukan persiapan dengan harta yang tidak dapat dimakan karat dan ngengat, atau kita menjadi orang percaya yang menantikan Tuhan dengan pasif?

Hari ini Tuhan Yesus mengingatkan agar setiap murid-muridnya berjaga-jaga dan melakukan persiapan yang cukup.

Doa: Tuhan, kalau untuk hal-hal jasmani aku mampu mempersiapkan dengan baik, berilah kesadaran selalu bahwa persiapan rohani jauh lebih penting untuk kehidupanku. Amin. (FH)

Image result for keep watch because you don't know the day or the hour