Terjadilah

Renungan Rabu 9 Agustus 2017

Bacaan: Bil. 13:1-2a,25 – 14:1,26-29,34-35; Mzm. 106:6-7a,13-14,21-22,23; Mat. 15:21-28

Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki. Mat 15:28b.

Dalam bacaan pertama, Tuhan bersabda kepada Musa, supaya menyuruh beberapa orang untuk menyelidiki keadaan negeri Kanaan yang akan diberikan Tuhan kepada bangsa Israel. Namun dari antara pengintai itu, banyak yang kurang percaya akan penyelenggaraan Tuhan dalam kehidupan mereka. Padahal bangsa Israel ini telah melihat dan mengalami sendiri karya ajaib Allah dalam menuntun bangsa ini keluar dari tanah Mesir.

Demikian juga, dalam kehidupan kita sehari hari, sering kita lupa karya ajaib Tuhan yang selalu ada dan kita nikmati dalam kehidupan kita setiap hari. Kita sering terjebak dalam rutinitas yang membuat kita terlena dan merasa kurang yakin akan campur tangan Tuhan dalam hidup kita. Maka, bila menghadapi tantangan, pada dasarnya kita langsung berpikir dengan logika (bagaimana cara mengatasi persoalan hidup), sehingga melupakan kuasa Tuhan. Kita lupa bahwa Tuhan turut bekerja dalam hidup kita. Sehingga, mungkin terucap kata-kata negatif. Jadi, apa yang kita yakini, itulah yang akan terjadi pada diri kita.

Seperti dalam kitab Bilangan 14:28, “Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu.” 
Karena itu, mari kita beriman dengan benar, seperti yang ditunjukkan oleh wanita Kanaan dalam Injil Matius. Wanita Kanaan itu mempunyai iman yang besar. Dia percaya tanpa ragu, bahwa Yesus mampu menyembuhkan anak perempuannya yang kerasukan setan dan sangat menderita itu. Dan benar, seperti apa yang ibu itu percayai, Tuhan Yesus yang penuh kasih melakukan apa yang diminta oleh ibu itu. Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh (Mat 15:28).

Doa: Tuhan Yesus yang penuh kasih, ajari kami untuk selalu mengimani dan mengatakan hal-hal yang baik, sesuai kehendak-Mu, sehingga kami juga mendapatkan hal-hal baik yang berasal dari-Mu sendiri. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin. (DL)

Image result for Matthew 15:28;