Seperti Hati-MU

Renungan Senin 7 Agustus 2017 

Bacaan: Bil. 11:4b-15Mzm. 81:12-13,14-15,16-17;Mat. 14:13-21

“Sebab itu Aku membiarkan dia dalam kedegilan hatinya; biarlah mereka berjalan mengikuti rencananya sendiri!” (Mzm 81:13)

Manusia lamaku selalu berjalan mengikuti rencanaku sendiri. Aku menjadi Tuhan atas hidupku sendiri, sampai pada waktu aku jatuh sakit, aku baru menyadari bahwa hidupku bukan milikku. Saat itu aku baru mulai berserah diri pada Tuhan. Selama ini aku selalu mengambil jalan yang mudah untuk menyelesaikan segala perkara, tanpa peduli dengan keadaan sekelilingku, juga perasaan orang lain. 

Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa. (Mat 14:15)

Sering kali aku menyelesaikan masalah tanpa kasih. Yesus berkata: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.” Firman Tuhan dalam Injil hari ini mengingatkan aku bahwa aku boleh tetap hidup sampai hari ini itu karena belas kasih-Nya. Keegoisan manusia lamaku disadarkan Tuhan dengan firman-Nya bahwa aku harus peduli dengan orang-orang yang ada di sekelilingku. 

Tuhan Yesus ajar dan beri aku hati seperti hati-Mu yang penuh dengan belas kasihan. Amin. (HFS)