Melakukan Apa Yang Kita Katakan

Renungan Sabtu 26 Agustus 2017

Bacaan: Rut. 2:1-3,8-11;4:13-17; Mzm. 128:1-2,3,4,5; Mat. 23:1-12

MELAKUKAN APA YANG KITA KATAKAN

Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. (Mat 23:3)

Di negeri ini banyak orang berbicara tentang cinta, kasih, perdamaian; tetapi mereka sendiri tidak melakukannya. Banyak figur publik yang mengajarkan tentang kasih, kebenaran, perdamaian tetapi mereka juga melakukan kekerasan dalam rumah tangga, bahkan menghalalkan cara kekerasan untuk mencapai tujuannya.

Dalam bacaan hari ini Yesus mengingatkan kita supaya tidak hidup seperti di atas, juga tidak hidup seperti para ahli Taurat dan orang-orang Farisi, yaitu mereka yang suka menjadi pusat perhatian, gila hormat dan kekuasaan, segala tindakannya yang dilakukan hanya untuk supaya dilihat orang. Jangan kita menjadi seperti orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat; hanya berbicara dan mengajarkan atau menganjurkan kebaikan dan kebenaran kepada sesama kita, tanpa kita sendiri mau melakukannya. Hal ini bisa menjadikan hidup kita menjadi batu sandungan bagi orang lain untuk membangun kehidupan mereka menjadi lebih baik. Kalau kita sendiri mau menjadi pribadi yang baik, kita seharusnya selalu mengupayakan keserasian antara kata dan tindakan.

Mari kita merenungkan apakah hidup kita sudah seperti yang Dia kehendaki ataukah kita masih saja seperti orang Farisi? Mari kita berusaha lebih jujur untuk mengatakan apa yang kita lakukan dan melakukan apa yang kita katakan. Supaya tidak seperti “Gajah diblangkoni”.

Selamat beraktivitas.
Berkah Dalem.
VBP

Image result for walk the talk