Perumpamaan Lagi

Renungan Senin 31 Juli 2017

Bacaan: Kel. 32:15-24,30-34; Mzm. 106:19-20,21-22,23; Mat. 13:31-35

Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya.Selamat pagi para sahabat Kristus.” (Mat 13:31)

Injil hari ini kembali bercerita tentang Kerajaan Allah. Kerajaan Allah disampaikan oleh Yesus dalam bentuk perumpamaan, yaitu perumpamaan tentang biji sesawi dan ragi.

Kedua perumpamaan ini memiliki beberapa kemiripan:

  1. Kerajaan Allah itu diumpamakan sebagai sesuatu yang sederhana dan ada di sekitar kita.
  2. Kerajaan Allah itu pada awalnya sesuatu yang sederhana dan kemudian berkembang menjadi luar biasa.
  • Biji sesawi yang dikatakan sebagai biji yang sangat kecil, namun setelah tumbuh, bisa menjadi sangat besar, beberapa literatur menggambarkan sayuran ini bisa tumbuh sampai setinggi tiga meter.
  • Ragi adalah alat bantu untuk membuat adonan menjadi mengembang. Adonan mutlak perlu ragi.
  1. Kerajaan Allah itu memberi manfaat yang luar biasa bagi kehidupan.
  • Sayuran sesawi yang tumbuh menjadi besar bisa menjadi tempat bagi burung untuk bersarang pada cabang-cabangnya. Artinya, sesawi ini menjadi tempat yang sangat berarti bagi burung untuk membuat rumah dan tinggal padanya.
  • Adonan tanpa ragi adalah tidak ada gunanya. Ragi menjadikan adonan bisa berguna yaitu untuk dinikmati.

Jadi, kesimpulannya, Kerajaan Allah itu pada awalnya sederhana, kemudian berkembang menjadi luar biasa dan berguna bagi banyak orang.

Tetapi permasalahannya, sekali lagi, semuanya ini tidak diungkapkan secara terang-terangan, namun melalui suatu perumpamaan. Kenapa?

Para sahabat, Tuhan ingin supaya umat Allah bertindak aktif, yaitu dengan bertanya, mencari tahu arti perumpamaan atau memikirkannya. Para murid Tuhan melakukan semuanya itu (Matius 13:10, 36), maka Tuhan memberikan penjelasan. Tetapi para ahli Taurat dan orang-orang yang lain tidak bertanya atau mencari tahu atau memikirkannya, sehingga sekalipun mereka melihat dan mendengar namun rahasia Kerajaan Allah tidak pernah dijelaskan kepada mereka (Matius 13:11).

Pilihan yang sama, Tuhan berikan juga kepada kita pada hari ini:

  • mau aktif dan Tuhan akan beritahukan artinya, atau
  • mau pasif dan kita tidak akan pernah tahu rahasia Kerajaan Allah

Semoga kita semua mampu memilih seperti yang Tuhan inginkan dan Kerajaan Allah itu tidak lagi menjadi rahasia bagi kita.

Tuhan Yesus memberkati.

BVJSW

Image result for matthew 13:31