Mengenali Yesus

Renungan Sabtu 22 Juli 2017

Bacaan: Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 5:14-17; Mzm. 63:2,3-4,5-6,8-9; Yoh. 20:1,11-18

“Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.” (Yoh 20:15)

Ketika Maria Magdalena datang ke makam Yesus, dia melihat batu telah diambil dari kubur, dia mengira bahwa tubuh Yesus telah dicuri orang. Karena itu dia pergi kepada para Rasul memberitahukan hilangnya tubuh Yesus dari kubur. Ketika dua orang Rasul yang datang ke kubur tidak mendapati jenazah Yesus di sana, pulanglah dua murid itu ke rumah.

Tetapi rasa cinta kasih Maria Magdalena yang begitu mendalam membuat dia tidak mau meninggalkan makam Yesus, dia tetap berdiri di kubur itu sambil menangis. Tetapi ternyata Maria Magdalena tidak mampu mengenal Yesus ketika ia pertama kali melihat Yesus yang bangkit. Ketika ia melihat ia berkata: “Tuan, jika tuan yang mengambil Dia katakan kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.”

Maria Magdalena baru sadar bahwa orang yang dia ajak bicara itu adalah Yesus sendiri, ketika namanya dipanggil oleh Yesus.

Sahabat-sahabatku kadang-kadang kita pun sering kali tidak sadar akan kehadiran Tuhan dan kebaikan Tuhan yang terjadi dalam kehidupan kita. Sering kali kita kurang menyadari bahwa Tuhan memanggil kita dengan nama kita, untuk menjadi pembawa kabar suka cita dan keselamatan, tentang kebangkitan Tuhan Yesus bagi sesama.

Sahabat-sahabatku Maria Magdalena yang rela bertobat dan hidup baru karena cinta kepada Tuhan Yesus, karena itulah Tuhan Yesus sudi menerima bakti cinta yang ditunjukkan Maria Magdalena kepada-Nya. Maria Magdalena telah menunjukkan cinta kasih yang besar kepada Tuhan Yesus, maka Maria Magdalenalah murid pertama yang menyaksikan kebangkitan Tuhan Yesus.

Sahabat-sahabatku semoga Tuhan Yesus pun berkenan mengajari kita untuk rela bertobat dan dengan setia, taat, melaksanakan kehendak-Nya, agar kita pun mampu mengenali Dia, yang selalu memanggil dan menyapa kita untuk hidup sesuai dengan spirit kebangkitan-Nya. Amin. (TFK)

Image result for john 20:15