Kuberi Kau Kelegaan

Renungan Minggu 9 Juli 2017

Bacaan: Za. 9:9-10Mzm. 145:1-2,8-9,10-11,13cd-14Rm. 8:9,11-13Mat. 11:25-30

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. (Mat 11:28)

Membaca dan merenungkan ayat ini, saya teringat pengalamaan banyak orang termasuk saya sendiri, yang sering menghadapi banyak rintangan dalam pelayanan. Pengalaman akan kasih Alllah membuat seseorang tergerak untuk membalas kasih-Nya dengan melayani sesama dengan kasih Yesus. Dalam kenyataan ketika terjun dalam pelayanan, kita mengalami banyak tantangan dari orang tua, suami, istri, keluarga, pekerjaan dan lain sebagainya.

Ketika saya mengalami hal itu, pernah ada niat untuk mundur dari pelayanan karena saya berpegang pada kekuatan saya sendiri. Namun pada saat-saat itu, saya teringat dengan peristiwa para murid bersama Yesus menuju ke seberang, namun di tengah perjalanan ada badai menerjang, saat itu para murid ketakutan dan melupakan kehadiran Yesus, sehingga Yesus dibiarkan tertidur. Pada saat mereka ketakutan, mereka mencari dan membangunkan Yesus yang sedang tertidur. Dan Yesus mengatakan, “Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?”

Mengingat firman itu dan bacaan Mat 11:28 ini, saya menjadi malu dan memohon ampun pada Tuhan. Mengapa? Sering ketika saya melayani, saya menganggap itu tugas yang diberikan atasan kepada bawahan, bukan dari Bapa kepada anak. Seharusnya saya harus lebih menghargai perutusan itu karena perutusan itu merupakan tanda kepercayaan Bapa yang mengutus anak. Bila Dia yang mengutus mengapa saya menjadi terbeban berat, letih dan lesu? Tidakkah saya percaya akan penyertaan-Nya? Tidakkah saya harus bersyukur akan perutusan dan tantangan yang saya hadapi?

Doa: Tuhan ampunilah segala dosaku. Mampukan aku untuk senantiasa bersyukur. Anugerahkan kerendahan hati kepadaku agar aku mampu mengarahkan mata hatiku kepada Engkau, sehingga aku dapat mengatasi segala masalah dan tantangan dengan suka cita karena aku tahu Engkau yang mengutus aku dan selalu menyertai aku. Amin. (JW)

Image result for i will give you rest