Tempat Yang Tinggi

Renungan Rabu 14 Juni 2017

Bacaan: 2Kor. 3: 4-11; Mzm. 99:5,6,7,8,9; Mat. 5:17-19

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Mat 5:19)

Saya teringat kembali peristiwa sepuluh tahun yang lalu saat pertama kali ditawarkan untuk mengikuti Training Course (TC) bagi calon pengajar SEP. Memang selama menjadi sekretaris di SEP saya sering kesulitan dan kebingungan saat mencari pengajar pengganti karena keterbatasan waktu dan jumlah pengajar, dengan kelas yang cukup banyak. Apa lagi akan dibuka lagi kelas baru khusus untuk OMK. Kadang saat putus asa saya sering berangan-angan seandainya saya bisa mengajar maka saya tidak akan kelimpungan dan stress seperti ini.

Tapi saat tawaran TC itu datang saya malah bingung tidak sanggup menjawab. Baru menyadari bahwa saya tidak layak dan tidak mampu. Singkat cerita akhirnya saya terima tawaran itu. Seorang rekan pelayan yang juga berprofesi sebagai guru SMP menyatakan keheranannya atas kenekatan saya. Dia katakan, “Saya saja yang berpengalaman sebagai guru dan hampir pensiun, tidak berani mengajar di SEP. Karena hukuman bagi seorang yang salah dalam mengajarkan firman Allah, sekalipun lehernya diikat dengan tali batu kilangan dan diceburkan ke sumur, hukuman itupun belum sepadan!” Mendengar itu nyali saya menjadi ciut. Saat berdoa malam hari saya pasrah, bila memang kehendak Tuhan maka saya akan lulus TC begitu pula sebaliknya.

Sekarang setiap kali mempersiapkan bahan pengajaran dan saat akan mulai mengajar, saya selalu sungguh-sungguh mohon bimbingan Roh Kudus agar mampu mewartakan dengan BENAR tentang firman Allah yang hidup dan menghidupi firman Allah. Dengan demikian saya tidak cemas lagi tentang tempat terendah atau tertinggi. Selama kita mengandalkan-Nya maka Ia akan memampukan kita. Tuhan Memberkati kita ! (LO)           

Image result for Matthew 5:19