Takut Akan Allah

Renungan Minggu 25 Juni 2017

Bacaan: Yer. 20:10-13; Mzm. 69:8-10,14,7,33-35; Rm. 5:12-15; Mat. 10:26-33

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. (Mat 10:28)

Bacaan dari kitab Yeremia hari ini menceritakan betapa Nabi Yeremia merasakan tekanan batin dari berbagai pihak, bahkan sahabat karibnya pun menekannya. Yeremia mengadukan keadaannya dan berkeluh kesah kepada Tuhan karena begitu banyak tekanan dari orang orang di sekitarnya.

Dalam kehidupan kita dewasa ini, kita juga pasti pernah mengalami tekanan baik oleh keadaan lingkungan maupun oleh sesama kita. Pada masa sekolah, ada tekanan pelajaran, pekerjaan rumah, tugas yang harus diselesaikan, juga tekanan dari guru maupun sesama siswa (yang mungkin kurang menyukai kita). Pada masa bekerja, jauh lebih banyak tekanan, baik tekanan dari sistem pekerjaanya, dari pimpinan maupun sesama karyawan yang kurang menyenangi kita sehingga kadang dengan cara yang tidak sehat. Demikian juga dalam dunia bisnis. Sangat banyak persaingan tidak sehat, terlebih dalam keadaan ekonomi saat ini.

Tekanan batin terjadi di segala masa, tidak hanya di zaman ini, tekanan batin juga dialami oleh Nabi Yeremia saat menyampaikan Firman Tuhan. Firman Tuhan pada hari ini, juga menyatakan: “Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.”

Firman Tuhan ini memberi kekuatan batin dan semangat kepada saya, agar saya bisa bertahan terhadap tekanan dunia ini. Supaya saya tidak takut untuk berbuat baik, tidak takut untuk mewartakan kebenaran Tuhan. Roh Kudus akan memampukan kita untuk menyatakan kebenaran yang datang dari Allah. Karena Tuhan begitu mengasihi kita, melimpahkan kasih karunia Allah kepada semua orang lantaran satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Doa: Tuhan sumber pengharapan kami, tempat kami menyerahkan segala perkara, tempat kami berkeluh kesah, limpahkanlah kasih karunia-Mu kepada kami, agar kami mampu mewartakan kasih-Mu yang menyelamatkan semua orang yang percaya kepada-Mu. Amin. (DL)

Image result for fear to the lord