Syarat Utama

Renungan Jumat 2 Juni 2017

Bacaan: Kis. 25:13-21; Mzm. 103:1-2,11-12,19-20ab; Yoh. 21:15-19

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku. (Yoh 21:17)

Sekitar dua belas tahun yang lalu ketika saya hampir menolak tugas pelayanan yang diberikan sebagai ketua lingkungan dan juga pelayan sel dalam suatu komunitas, ayat ini berbicara sangat kuat. Saat itu saya merasa tidak mampu menjadi seorang gembala umat, tetapi ketika membaca Yoh 21:15-19, Tuhan Yesus memberikan satu pertanyaan sebagai syarat yang diulang-Nya sampai tiga kali, “Apakah engkau mengasihi Aku?” Ternyata bukan kepandaian dan juga kepiawaian sebagai seorang pemimpin yang diperlukan untuk melayani tetapi mengasihi Tuhan adalah syarat utama dan motivasi untuk melayani umat.

Sabda Tuhan yang sama hari ini menegur saya dengan cara yang berbeda, Roh Kudus mengingatkan saya kalau dua belas tahun yang lalu saya taat dan melakukan apa yang Tuhan nyatakan melalui sabda-Nya, apakah saat ini saya memiliki ketaatan yang sama? Tuhan mengatakan, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.” (Yoh 14:15) dan saya menyadari bahwa tidak semua kehendak Tuhan saya turuti, termasuk juga dalam tugas-tugas pelayanan dengan banyak alasan yang saya kemukakan.

Ketaatan dan melakukan perintah Tuhan digerakkan oleh kasih kepada Tuhan dengan segenap hati, saya akan berusaha untuk menuruti dan melakukan kehendak-Nya sebagai bukti cinta saya kepada Tuhan Yesus, sehingga semua hal yang saya lakukan digerakkan oleh karena aku mengasihi Tuhan. (FH)

Image result for John 21:17