Orang Lemah Lembut Memiliki Bumi

Renungan Senin 12 Juni 2017

Bacaan: 2Kor. 1: 1-7; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9; Mat. 5:1-12

Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. (Mat 5:5)

Khotbah di Bukit merupakan nasihat Yesus kepada murud-murid-Nya. Dalam Injil Matius ada lima nasihat dan yang pertama berisi Delapan Sabda Bahagia. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi (ayat5).

Delapan Sabda Bahagia merupakan petunjuk dasar nilai-nilai hidup kristiani yang harus diperjuangkan dalam praktik hidup sehari-hari murid Kristus agar masuk Kerajaan Surga.

Setiap orang punya keinginan untuk hidup bahagia. Dalam hal ini Yesus menegaskan, jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar daripada hidup keagamaan para ahli Taurat dan orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga (Mat 5:20).

Mengapa orang yang “Lemah Lembut” disebut bahagia? Orang lemah lembut yang bagaimana yang dimaksud Yesus bahagia itu? Bukan orang lemah lembut yang “Penakut dan Lemah” yang lari dari kenyataan hidup sehari-hari. Tetapi lemah lembut yang dimaksud adalah orang yang baik hati dan peramah (tidak pemarah).

Kalau  ada orang yang bersalah tidak langsung ditegur dan dihukum, tetapi dinasihati diberi kesempatan dan diampuni supaya orang itu berubah menjadi baik dan bertobat. Sehingga hati orang itu menjadi simpati dengan kita.

Jika orang  yang salah langsung ditegur di muka umum (di depan publik) dihukum dan dipermalukan, maka orang itu akan luka batin tidak simpati kepada yang menegur, bahkan mungkin dendam untuk mencari kesempatan membalas.

Seperti hal-Nya Yesus memperlakukan wanita pezinah: “Aku pun tidak menghukum engkau, pergilah dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” (Yoh 8:11).

Seperti halnya dalam Pilkada akhir-akhir ini, mencari seorang pemimpin hendaklah yang takut  kepada Tuhan dan pelaku firman. Pemimpin yang dicintai semua orang benar dan disegani orang yang salah. 

Pemimpin yang “Lemah Lembut”, akan memiliki bumi dan dicintai setiap orang.

TuhanMemberkati.

SWK

Image result for Matius 5:5