Lebih Benar daripada Ahli Taurat

Renungan Kamis 15 Juni 2017

Bacaan: 2Kor. 3:15-4:1,3-6; Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14; Mat. 5:20-26

Selamat pagi saudara-saudari terkasih dalam Yesus.

Yang namanya seorang ahli, pasti memiliki kepandaian atau keterampilan lebih dari pada orang lain. Seseorang yang dikatakan ahli mesin, pasti memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang mesin daripada orang lain. Hari ini, Tuhan Yesus kembali menyoroti kehidupan agama ahli Taurat. Kalau seseorang disebut ahli Taurat, maka pastinya orang tersebut mengenal dan mengerti tentang Taurat lebih daripada orang lain. Dan Taurat adalah inti dari kehidupan beragama. Jadi ahli Taurat, juga seseorang yang harusnya ahli dalam hidup beragama. Tetapi pada Matius 5:20, Tuhan katakan: “Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar daripada hidup keagamaan para ahli Taurat dan orang-orang Farisi, kalian tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.”

Ada kata “tidak lebih benar”, berarti dalam kaca mata Tuhan Yesus, para ahli Taurat tidak hidup dengan benar. Ada yang salah atau ada yang kurang bagi Tuhan Yesus. Di mana kurangnya atau salahnya? Bagi Tuhan Yesus, para ahli Taurat terlalu kaku dalam melaksanakan hukum Taurat, ingat, beberapa kali Tuhan Yesus berselisih paham dengan ahli Taurat mengenai makna hari sabat.

Tuhan Yesus ingatkan kita semua, bahwa hidup keagamaan bukan tentang peraturan tertulis, tapi lebih pada penerapannya. Tuhan katakan: “….. Aku datang bukan untuk meniadakannya (hukum Taurat), melainkan untuk menggenapinya.” (Mat 5:17b) Artinya, kehadiran Tuhan Yesus untuk menyempurnakan hukum Taurat.

Saudara-saudari terkasih, Tuhan mau supaya kita hidup mengikuti ajaran-Nya. Bukan melakukan perintah-perintah Tuhan, hukum gereja, tradisi-tradisi gereja, dengan kaku dan berlebihan. Tapi Tuhan ingin kita mengaplikasikannya dengan apa yang sudah Tuhan ajarkan bagi kita, yaitu ada bumbu kasih” di dalamnya:

  • Matius 5:22: jangan marah, jangan mengkafirkan orang lain, jangan menuduh
  • Matius 5:23-25: berdamailah dengan siapapun, terlebih dengan lawan-lawan kita

Mari saudara-saudari terkasih, kita jalani apa yang sudah Tuhan sampaikan hari ini, sekalipun tidak mudah, tapi tetap berusaha dan berdoa mohon bimbingan Roh Kudus. Semoga dengan kita mengikuti ajaran dan perintah Tuhan, serta dalam bimbingan Roh Kudus, maka hidup kita  jadi lebih baik dari para ahli Taurat.

Tuhan Yesus memberkati.

BVJSW

 

Related image