Jangan Tamak

Renungan Senin 5 Juni 2017

Bacaan: Tob. 1:1a,2a,3; 2:1b-8; Mzm. 112:1-2,3-4,5-6; Mrk. 12:1-12

Lalu Yesus mulai berbicara kepada mereka dalam perumpamaan: “Adalah seorang membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain. (Mrk 12:1)

Dalam perumpamaan penggarap kebun anggur, Yesus menceritakan kepada Imam Kepala dan Ahli Taurat karena ketamakan penggarap kebun anggur. Ketika musim panen tiba mereka memukuli, melukai hamba-hamba yang diutus oleh pemilik kebun anggur, bahkan anaknya dibunuh karena ingin mengambil warisan. Saat pemilik kebun anggur datang, dia akan membinasakan penggarap-penggarap.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering tanpa sadar mulai tamak seperti pekerja-pekerja di kebun anggur. Kita mulai menginginkan barang orang lain, ingin seperti orang lain, ingin kaya, ingin naik jabatan, dll. dengan memakai segala cara supaya keinginan terpenuhi. Keinginan yang jahat mengaburkan pandangan yang benar, sehingga membawa kita mulai masuk dalam dosa dan akibatnya mengalami penderitaan dan kekecewaan.

Begitu juga dengan kehidupan saya, yang seringkali mulai tamak saat melihat orang lain berdagang dengan spekulasi dan mendapatkan untung banyak. Hal ini membuat saya mulai ada keinginan melakukan spekulasi juga tanpa lagi memperhatikan  teman dagang yang mungkin juga mengalami kerugian. Akhirnya saya melakukan spekulasi dan mengalami kerugian banyak, tetapi hal ini tidak membuat saya berhenti dan bertobat, sehingga modal habis dan berakhirlah hidup saya dalam penderitaan.

Cukup lama saya mengalami kebangkrutan, tidak ada jalan keluar, yang membuat saya mulai putus asa dan datang pada Tuhan untuk memohon ampun dan mohon pertolongan-Nya. Akhirnya Tuhan mengampuni segala kesalahan saya dan memulihkan pekerjaan saya.

Saudaraku yang terkasih, mari kita lebih berhati-hati dalam menjalani hidup ini, jangan tamak.

Doa: Ya Bapa, bantu setiap kami mampu hidup sesuai dengan kehendak-Mu, tidak tamak dan bisa mensyukuri apa yang sudah kami miliki. Terima kasih Tuhan. Amin.

Tuhan Yesus memberkati.

KS

Image result for Mark 12:1