Ciptaan Baru

Renungan Sabtu 17 Juni 2017

Bacaan: 2Kor. 5: 14-21; Mzm. 103:1-2,3-4,8-9,11-12; Mat. 5:33-37

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (2 Kor 5:17)

Setiap orang yang mengakui dirinya adalah anak Allah, yang mengaku bahwa hidupnya ada di dalam Kristus, pasti akan mempunyai karakter yang diubahkan menjadi semakin serupa dengan Dia. Kalau setelah mengikut Kristus, karakternya masih sama dengan yang dulu sebelum dia mengikut Kristus, patut dipertanyakan siapa yang dia jadikan panutan dalam hidupnya. Apakah sungguh benar Kristus adanya, atau kristus-kristus lain yang tidak jelas siapa?

Mungkin perubahan tidak bisa terjadi secara drastis, namun paling tidak orang lain di sekitar kita bisa melihat ada perubahan yang terjadi. Perubahan ke arah yang lebih baik tentunya. Mungkin dulunya ada dari kita yang mudah tergoda dengan banyak hal, sekarang kita bisa lebih menjaga mata, hati, dan daging kita untuk tidak mudah tergoda dan tahu mana yang baik yang boleh kita ingini dan mana yang tidak baik yang tidak boleh kita ingini. Mungkin dulu kita mudah mengeluarkan kata-kata yang negatif, sering memutarbalikkan fakta, berkata-kata penuh amarah, dan lain sebagainya, namun sekarang kita bisa lebih berhati-hati dalam berkata-kata dan lebih bisa menjaga emosi.

Bukan kita yang menilai diri kita sendiri apakah sudah menjadi pribadi yang lebih baik atau belum, namun orang-orang di sekitar kita. Mereka pasti akan bisa merasakan apakah benar karakter Kristus sudah semakin nyata terlihat dalam diri kita atau belum. Menjaga hidup kudus di hadapan Allah dan menjadi ciptaan baru, meninggalkan segala yang lama yang tidak sesuai di hadapan Allah, adalah tujuan setiap orang yang mau benar-benar menjadi bagian dari Kerajaan Allah.

Doa : Tuhan, berikan aku kekuatan untuk bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, yang makin serupa dengan Engkau. Amin.

God bless you.
(LCEST)

Image result for 2 Cor 5:17