Berikanlah Kepada Kaisar

Renungan Selasa 6 Juni 2017

Bacaan: Tob. 2:9-14; Mzm. 112:1-2,7bc-8,9; Mrk. 12:13-17

Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia. (Mrk 12:17)

Pada saat itu, lagi-lagi orang Farisi dan Herodian datang kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan, “Bolehkah kita membayar pajak pada Kaisar atau tidak?”

Tuhan Yesus menyadari bahwa diri-Nya sedang dicobai, Yesus menegur orang Farisi dan Herodian, Dia meminta 1 dinar kepada mereka lalu bertanya, “Gambar dan tulisan siapa ini?”

Jawab mereka, “Gambar dan tulisan Kaisar.”

Dengan tegas Tuhan Yesus berkata kepada mereka, “Berikan kepada Kaisar apa yang menjadi hak Kaisar, dan berikan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah.”

Orang-orang Farisi dan Herodian sangat heran mendengar jawaban Yesus yang benar-benar jitu dan tepat sasaran, yang membuat orang Farisi dan Herodian bungkam dan tidak berani bertanya lagi.

Sahabat-sahabatku, perikop ini menyadarkan kita bahwa sebagai umat Kristiani kita harus selalu setia dan taat melaksanakan kehendak Tuhan. Tetapi sebagai warga negara yang baik, kita pun harus mengikuti hukum-hukum yang ada negara ini, terutama dalam hal pembayaran pajak (pajak bumi, pajak pembangunan, pajak penghasilan, dll.) sebagai bentuk ketaatan kita pada pemerintah. Jadi, selain taat kepada Allah, kita harus taat pada hukum negara.

Semoga ajaran Tuhan Yesus yang tegas, nyata dan pasti, bisa berguna bagi kita semua yang kadang-kadang masih sering ragu dan kurang fokus pada ajaran-Nya. Semoga Allah Bapa berkenan membimbing dan menerangi perjalanan hidup kita, agar kita semakin mencintai Dia dan sesama, sehingga kita bisa meraih kemajuan dalam penghayatan iman kita kepada-Nya. Amin.

MFK

Image result for mark 12:17