Supaya Aku Hidup

Renungan Selasa 2 Mei 2017, Peringatan Wajib St. Atanasius

Bacaan: Kis. 7:51 – 8:1a; Mzm. 31:3cd-4,6ab,7b,8a,17,21ab; Yoh. 6:30-35

Kata Yesus kepada mereka, “Akulah roti hidup! Barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.” (Yoh 6:35)

Sebagai manusia, kita semua butuh makan dan minum agar dapat bertahan hidup, bahkan makanan dan minuman itu membuat  kita semua semakin bertumbuh dari kecil menjadi besar.

Menjadi seorang beriman, kita pun membutuhkan makanan agar iman kita semakin bertumbuh. Maka betapa bahagianya kita sebagai seorang Katolik yang memiliki sakramen Ekaristi. Ekaristi membantu mempertahankan, meningkatkan dan memperbaharui rahmat kehidupan yang diterima melalui pembaptisan. Dengan kata lain Ekaristi menambah rahmat kehidupan yang sudah ada dalam diri kita.

Namun sudahkah Ekaristi sungguh membawa dampak kehidupan bagi kita? Atau hanya sekedar merayakan secara rutin dan tidak mendapatkan apa-apa ketika menghadiri dan mengikuti perayaan Ekaristi?

Mari dalam masa Paskah ini kita semua semakin menyadari pentingnya sakramen Ekaristi, dan mengikuti perayaan Ekaristi dengan penuh perhatian, dengan ikut berpartisipasi secara aktif sehingga kita semua benar-benar merasakan kekuatan dari Ekaristi kudus yang kita rayakan, karena dalam komuni kudus kita semua masuk kepada pengalaman sukacita surgawi di mana kita boleh bersatu dengan Allah.

Doa: Tuhan Yesus aku bersyukur kepada-Mu atas Ekaristi kudus yang setiap hari Kau berikan kepadaku agar aku dapat hidup dan bersatu dengan-Mu. Amin.

CTS

Image result for John 6:35