Siapakah Yesus Bagiku?

Renungan Senin 8 Mei 2017

Bacaan: Kis. 11:1-18; Mzm. 42:2-3; 43:3,4; Yoh. 10:11-18

Siapa Yesus bagiku? Ada banyak jawaban dari setiap kita. Tanpa kita bertanya pada diri sendiri, Yesus sudah memberikan jawaban yang pasti kepada kita tentang siapa sebenarnya Yesus itu bagi kita: “Akulah gembala yang baik” (Yoh 10:11a). Dengan jawaban Yesus tersebut, tentu ada konsekuensi bagi kita di mana kita seharusnya dapat membangun relasi dengan Tuhan, mendekatkan diri pada Tuhan. Dan kita juga tahu pasti bahwa dalam membangun relasi dengan Tuhan itu tidak terlepas dari tantangan-tantangan kehidupan, yang biasa kita sebut dengan salib kehidupan.

Baru saja kita mengenang wafat sengsara Yesus dan puncaknya kita menyambut kebangkitan Yesus pada Hari Raya Paskah dengan penuh sukacita. Pengorbanan Yesus di atas kayu salib sebagai bukti nyata bahwa Ia sungguh mengasihi kita, sehingga Yesus rela memberikan nyawa-Nya untuk keselamatan kita. Hal ini semakin menegaskan bahwa Yesus adalah gembala yang baik, “Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya”.

Sebagai domba Yesus kita tidak perlu khawatir dan takut dalam hidup ini. Memang banyak kesulitan dan tantangan serta kesusahan dalam menjalani hidup, tetapi sebagai domba yang percaya pada gembalanya, kita harus yakin bahwa Yesus ada di pihak kita, karena kita adalah milik-Nya. Tuhan berkata, “…Aku mengenal domba-dombaKu…” (Yoh10:14). Yesus tahu segala permasalahan dan pergumulan hidup kita dan Yesus jugalah yang akan menuntun setiap langkah hidup kita.

Setiap kita hidup dalam gereja kecil, yaitu keluarga. Gembala yang baik di dalam rumah tangga adalah gembala yang menjaga domba-dombanya dengan doa-doa. Orang tua harus memproteksi anak-anak dengan doa. Pagarilah keluarga kita dengan doa. Saling mendoakan dan memberkati antara pasangan suami istri dan juga anak-anak. Waktu anak-anak kita keluar dari rumah, kita tidak bisa mengikuti mereka 24 jam sehari penuh. Mereka harus berinteraksi dengan teman-teman dan orang di luar yang berbeda latar belakang sosial ekonomi dan keyakinan. Waktu mereka keluar, mereka seperti domba di tengah-tengah serigala. Kita tidak bisa bersama dengan anak-anak kita terus, dan hal yang bisa kita lakukan adalah menjagai mereka dengan doa. Tuhan akan menjaga dan memerintahkan para malaikat untuk melindungi anak-anak kita juga pasangan hidup kita dan keluarga kita.

Doa bersama yang kami bangun dalam keluarga membawa dampak yang positif buat anak-anak kami. Di mana setiap hari kami saling mendoakan dan memberkati satu sama lain. Dari situ secara tidak langsung mengajarkan kepada anak-anak untuk bergantung penuh pada Tuhan, dan segala keberhasilan dan kesuksesan, semua karena anugerah Tuhan. Bukan  karena kekuatan, kemampuan bahkan kepandaian yang kami peroleh. Kata pertama yang keluar begitu mendapat suatu berkat atau keberhasilan adalah ‘Terima kasih Tuhan”. Kata yang sederhana tetapi mempunyai makna yang dalam, yaitu selain berterima kasih pada Tuhan, kami juga mengakui semua terjadi karena kemurahan, kebesaran dan anugerah Tuhan. Begitu jika suatu saat kami mendapat kegagalan, semua terjadi juga karena seizin Tuhan untuk dapat lebih mengasah iman percaya kami pada Tuhan Yesus sebagai satu-satunya Tuhan dan juru selamat.

Dalam Yoh 10:14 dikatakan “Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku”. Gembala yang baik, mengenal suara domba-dombanya. Bentuk pengenalan ini akan berjalan dengan baik jika terjadi relasi yang kuat antara gembala dan domba. Hal ini diartikan bahwa kita harus mempunyai relasi yang akrab dengan Tuhan. Relasi yang dibangun terus menerus antara kita dengan Tuhan melalui doa dan membaca serta melakukan firman-Nya. Hal ini juga sama jika kita refleksikan dengan hubungan kita sebagai orang tua dan anak-anak kita atau hubungan kita dengan pasangan. Di mana ada relasi yang akrab sehingga kita selalu berkomunikasi satu dengan yang lain.

 

 

Refleksi diri: Siapakah Yesus Tuhan bagiku secara pribadi?

Berkat dan kasih Tuhan Yesus senantiasa menaungi hidup kita. Amin.

VRE

Image result for John 10:14