One Way, Jesus!

Renungan Jumat 12 Mei 2017

Bacaan: Kis. 13:26-33; Mzm. 2:6-7,8-9,10-11; Yoh. 14:1-6

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh 14:6)

Setiap ajaran memiliki konsep tentang Keselamatan sendiri-sendiri. Namun bagi kita, khususnya umat Katolik Roma, Yesus adalah satu-satunya jalan keselamatan, tidak ada seorang pun dapat datang kepada Bapa tanpa melalui Yesus Kristus (Yoh 14:6). Yesus adalah Kepala dan Gereja Katolik adalah Tubuh Mistik Kristus itu sendiri, sehingga dengan tepat dikatakan dalam Lumen Gentium 14 (LG 14), di luar Gereja Katolik Tidak Ada Keselamatan (Extra Ecclesiam Nulla Salus).

Di sini sering orang salah paham dan menganggap Gereja Katolik sangat arogan, seakan-akan yang bukan umat Katolik tidak bisa masuk surga.

Prinsip Extra Ecclesiam Nulla Salus (EENS):

  1. Untuk selamat perlu Yesus Kristus (Yoh 14:6)
  2. Untuk selamat perlu dibaptis dan adanya ajaran iman oleh Yesus Kristus yang telah mendirikan Gereja di atas rasul Petrus yaitu Gereja Katolik, bukan Gereja yang lain (satu tubuh hanya memiliki satu kepala – Kristus adalah Kepala dan Gereja Katolik adalah Tubuh Mistik-Nya – KGK 846)

Bagaimana dengan orang yang di luar Gereja Katolik? Mereka yang tanpa bersalah tidak mengenal Injil Kristus serta Gereja-Nya, tetapi dengan hati tulus mencari Allah dan dengan rahmat-Nya melakukan kehendak-Nya dengan perbuatan nyata, dapat juga selamat (LG 16). Akses keselamatan itu pun hanya ada karena pengurbanan Yesus Kristus. Pintu surga itu sudah terbuka oleh jasa Yesus Kristus.

Baptisan sebagai syarat keselamatan tidak harus eksplisit (secara nyata), ada baptisan implisit (sikap batin yang baik, selalu ingin melaksanakan kehendak Tuhan dan ada tindakan nyata). Hal ini dijelaskan dengan baik oleh Paus Pius XII tanggal 29 Juni 1943 dalam surat Ensikliknya, Mistici Corporis, AAS, Vol 35, p 193 ff.

Di sana juga diajarkan bahwa seorang Katolik tidak serta merta masuk surga, tetaplah ia harus mengerjakan keselamatannya yaitu melakukan apa yang telah diperintahkan Yesus Kristus.

Kemudahan dari kita sebagai orang Katolik adalah kita sudah tahu apa yang diperintahkan-Nya, tertulis dengan jelas dalam Kitab Suci dan ajaran-ajaran iman sehingga tidak perlu lagi mencari-cari, tinggal baca dan melaksanakannya.

Kekayaan lain Gereja Katolik adalah banyak contoh-contoh cara melaksanakan perintah Tuhan Yesus lewat jejak-jejak yang ditinggalkan oleh para santo dan santa, juga Pujangga Gereja lewat tulisan-tulisan mereka.

Sudahkah kita membaca dan melakukannya?

Baca juga:

http://www.katolisitas.org/apakah-yang-diselamatkan-hanya-orang-katolik-dan-yang-lainnya-pasti-masuk-neraka/

http://www.katolisitas.org/apakah-arti-eens-extra-ecclesiam-nulla-salus/

FS

Image result for john 14:6