Carilah Sumber Berkat

Renungan Senin 1 Mei 2017, St. Yusuf Pekerja

Bacaan: Kis. 6:8-15; Mzm. 119:23-24,26-27,29-30; Yoh. 6:22-29

Shalom Bapak Ibu yang terkasih.

Jika seandainya ada orang yang menawarkan kepada Anda kartu kredit limit terbatas atau kartu kredit limit tidak terbatas, kira-kira mana yang akan Anda pilih? Atau saat Anda haus, ada pilihan air minum segelas atau air minum satu galon. Pertanyaan ini saya rasa jawabannya sangat mudah, pasti kita akan memilih yang lebih banyak jumlahnya.

Peristiwa Tuhan Yesus memberi makan lima ribu orang adalah peristiwa yang fenomenal dan menakjubkan. Tidak mengherankan kalau kemudian orang-orang yang hadir begitu terpesona oleh peristiwa ini. Akibatnya ke mana pun Tuhan Yesus pergi, mereka mengikutinya. Mereka masih ingin mengalami mukjizat yang hendak Tuhan buat. Namun, ternyata hal ini bukanlah yang dikehendaki oleh Tuhan Yesus. Tuhan ingin menawarkan hal-hal yang lebih daripada sekedar makanan, yaitu: kesembuhan, pemulihan, pembebasan, keselamatan, bahkan hidup kekal.

Hal ini juga sering terjadi dalam hidup kita. Seringkali kita datang pada Tuhan hanya karena ingin berkat-Nya. Ada masalah cari Tuhan, saat diberkati, kita lupa Tuhan. Hari ini Tuhan menegur orang-orang yang mengikuti-Nya hanya karena mengejar berkat jasmani, “Yesus menjawab mereka:” Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti dan kamu kenyang.” (Yoh 6:26).  Teguran Tuhan ini juga berlaku untuk kita. Berkat jasmani adalah hal yang mudah sekali Tuhan berikan kepada kita, namun Tuhan mau supaya kita mencari Dia sebagai sumber berkat. Sumber berkat berarti pusat dari segala berkat, termasuk berkat untuk mengalami hidup kekal.

Lalu kata mereka kepada-Nya: “Apakah yang harus kami perbuat supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” (Yoh 6:28). Inilah pertanyaan yang setiap hari harus kita tanyakan pada Tuhan. Dan jawaban Tuhan: “……. hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Mau berkat berlimpah? Datanglah pada sumber berkat dan percayalah kepada-Nya.

Tuhan Yesus memberkati.

BVJSW

Image result for source of blessing