Cahaya Terang Kristus

Renungan Rabu 10 Mei 2017

Bacaan: Kis. 12:24-13:5a; Mzm. 67:2-3,5,6,8; Yoh. 12:44-50

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. (Yoh 12:46)

Terang dan gelap tidak dapat bersatu. Adanya gelap disebabkan karena tidak adanya terang. Di dalam terang segala sesuatu akan tampak dengan jelas. Yesus adalah terang yang telah datang ke dunia ini untuk menerangi hati setiap orang yang percaya. Setiap orang yang mengaku sebagai pengikut Yesus akan mendapatkan sinar cahaya terang itu.

Terang adalah kata lain dari kebenaran, kebaikan, keindahan, kasih dan kehidupan. Sebaliknya gelap merupakan kata lain dari kesalahan, kejahatan, keburukan, kebencian dan kematian. Yesus menyebutkan diri-Nya datang ke dalam kehidupan nyata kita membawa kebenaran, kebaikan, dan keindahan. Bukan hanya membawa, tetapi Dialah kebenaran, kebaikan, dan keindahan yang sesungguhnya itu.

Upaya-upaya yang dapat kita lakukan agar terus mampu bertahan hidup di dalam terang:

  • Membaca Firman Tuhan setiap hari agar relasi kita terbina terus, sehingga semakin peka akan kehendak-Nya.
  • Berdoa mohon Roh Kudus menerangi dan membimbing setiap langkah hidup setiap harinya.
  • Pelayanan membuat kita mampu merasakan kehadiran Tuhan dalam diri sesama kita yang membutuhkan.
  • Bergabung di dalam komunitas, menjadikan kita sebagai bagian di dalam tubuh Kristus yang saling memberkati dan menguatkan.

Dengan mampu melakukan hal tersebut secara rutin maka hidup kita akan  memancarkan hidup Yesus yang adalah Terang itu sendiri dan nama-Nya akan semakin dipermuliakan melalui hidup kita. Tuhan memberkati.

Doa: Ya Yesus, Engkaulah terang dunia. Engkaulah sumber kekuatan kami di dalam kami melakukan perbuatan kasih dan menjauhi kegelapan. Bimbinglah agar kami setia dan berani hidup di dalam terang-Mu selalu. Terpujilah Engkau, kini dan sepanjang masa. Amin. (IP)

Image result for John 12:46