Waspada dengan Hati

Renungan Jumat 17 Maret 2017

Bacaan: Kej. 37:3-4,12-13a,17b-28; Mzm. 105:16-17,18-19,20-21; Mat. 21:33-43,45-46

Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayah mereka lebih mengasihi Yusuf daripada semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepada Yusuf, dan tidak mau menyapanya dengan ramah. (Kej 37:4)

Kisah seperti yang dialami oleh Yusuf adalah kisah yang seringkali terjadi di dalam kehidupan manusia. Bahkan kalau kita lihat bahwa setiap manusia memiliki kecenderungan untuk bersikap seperti saudara-saudara Yusuf.

Mengapa? Ada pepatah yang mengatakan dari mata turun ke hati. Seringkali kita melihat kesuksesan, penampilan, kepandaian, kecakapan orang lain yang melebihi diri kita maka mulailah hati kita menyimpan sesuatu yang negatif tentang orang tersebut.

Seperti yang tertulis dalam Mat 15:19 Karena dari hati timbul  segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. Sehingga betapa pentingnya kita dapat menjaga hati kita dari segala hal yang jahat, yang dapat memengaruhi tindakan kita sehingga kita melakukan yang jahat di mata Tuhan.

Marilah di masa pertobatan ini kita menyadari betapa besar Kasih Allah pada kita dan belajar untuk terus bersyukur dalam setiap peristiwa yang kita alami agar hati kita dipenuhi oleh sukacita dan damai sejahtera.

Doa: Tuhan Yesus aku bersyukur untuk kasih dan rahmat-Mu dalam hidupku. Aku mau terus membuka hatiku untuk bersekutu dengan Engkau, agar Engkau meraja dalam hatiku. Amin.

CTS

Image result for be careful with your heart