Perjamuan Untuk Pendosa

Renungan Sabtu 18 Maret 2017

Bacaan: Mi. 7:14-15,18-20; Mzm. 103:1-2,3-4,9-10,11-12; Luk. 15:1-3,11-32

Shalom Saudara yang terkasih dalam Kristus! Saya mau mengucapkan selamat bagi para Saudara sekalian karena kita semua sedang diundang oleh Kristus dalam perjamuan-Nya. Dalam Injil kali ini diceritakan tentang perumpamaan anak yang hilang (Luk 15:11-32), namun yang menarik adalah ungkapan orang Farisi dan ahli Taurat yang mengatakan, “Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.” Dari perkataan para ahli Taurat dan orang Farisi ini membuat kita seharusnya semakin mengimani bahwa Tuhan menerima orang-orang berdosa seperti kita semua untuk duduk bersama dalam perjamuan-Nya asal kita memiliki sikap hati yang mau bertobat.

Berbicara mengenai pertobatan, pertobatan yang membawa kita agar mampu duduk bersama dengan Kristus dalam perjamuan-Nya bukanlah pertobatan yang semu namun pertobatan yang radikal. Pertobatan yang radikal ini dimiliki oleh anak bungsu dalam perumpamaan anak yang hilang. Anak yang hilang di sini memiliki tiga fase dalam pertobatan yang radikal yaitu sadar akan dosa, penyesalan akan dosa, dan tindakan untuk berbalik arah. Dalam bertobat, kita perlu mengerti dan sadar bahwa kita sedang berdosa dan menyesali semua dosa yang telah kita perbuat. Penyesalan saja tidaklah cukup. Kita tidak bisa saja diam dalam hidup penuh penyesalan atas dosa kita namun perlu satu tindakan yang nyata yaitu bertobat. Bertobat artinya kita mau dengan segala kerendahan hati memohon belas kasih dari Bapa untuk mengampuni segala kesalahan kita serta berkomitmen untuk mengubah semua kebiasaan buruk terutama kebiasaan kita yang membawa kepada maut. Dengan pertobatan yang radikal ini, Tuhan tidak segan-segan untuk mengadakan perjamuan dan berpesta dengan dengan seluruh malaikat di Surga karena dengan adanya satu jiwa yang diselamatkan maka seisi Surga akan bersorak-sorai.

Para Saudara yang terkasih dalam Kristus, semoga dalam momen pra-paskah kali ini kita kita mau bersama mengambil langkah pertobatan yang radikal untuk menyambut kemenangan dari Kristus. Tuhan sudah mengundang kita sebagai para pendosa untuk bergabung dalam perjamuan-Nya yang kudus dengan mengambil komitmen pertobatan. Maukah saudara menanggapi undangan perjamuan-Nya? Tuhan Yesus memberkati. (LTM)

Image result for Luk15:1-3;Luk15:11-32;