Aku Tidak Memerlukan Hormat dari Manusia

Renungan Kamis 30 Maret 2017

Bacaan: Kel. 32:7-14; Mzm. 106:19-20,21-22,23; Yoh. 5:31-47.

Yoh 5:41 “Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.”

Yesus tidak membutuhkan penghormatan. Tidak seperti manusia yang sangat membutuhkan penghormatan, pengakuan, pujian atau yang sejenisnya. Bila tidak mendapatkannya sering tersinggung atau kecewa sehingga mencari-carinya dengan melakukan banyak hal. Masyarakat memang cenderung lebih menghormati seseorang berdasarkan kekayaan, jabatan, gelar, jasa, prestasi, penampilan dan sejenisnya. Maka manusia rela mengorbankan apa saja demi semua itu. Termasuk melakukan hal konyol bahkan berbahaya. Sebagai contoh sederhana begitu banyak orang yang memamerkan itu semua di media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Path, YouTube, dll.). Dan akan sangat senang dan bangga bila “follower” atau “subscriber”-nya banyak sekali, sebagai bentuk “pengakuan” dunia.

Dipuji, diakui, atau dihormati itu tidak salah tapi bila tidak mendapatkannya jangan merasa tersinggung atau kecewa karena hal itu bukan segala-galanya. Bila kita banyak berharap pada manusia maka kita akan cenderung banyak kecewa pula. Yesus saja tidak membutuhkan penghormatan, artinya itu tidak penting. Lalu apa yang lebih penting dan dibutuhkan-Nya?

Ya, Yesus membutuhkan cinta kita. Makanya Dia “meminta” kasihilah Tuhan Allah-mu dengan segenap hati, jiwa dan budi. Bila kita sangat mencintai seseorang otomatis kita akan berusaha menyenangkan hatinya dengan melakukan apa pun atau memberi apapun untuknya termasuk menghormati. Tuhan Yesus sudah lebih dulu mencintai kita dengan “all out”, termasuk menghormati kehendak bebas kita. Bagaimana dengan kita?

Doa: Tuhan ampuni kami yang selama ini sibuk mencari pujian, pengakuan bahkan penghormatan dari dunia dengan segala bentuknya. Padahal kami sudah mendapatkan yang lebih baik dari-Mu yaitu cinta kasih yang luar biasa. Bantu kami untuk selalu menyadari dan menikmati kasih-Mu sehingga tidak haus lagi dengan pujian, pengakuan dan penghormatan semu. (LONG)

Image result for john 5:31-47