Mengganti Kantong Kulit Tua

Renungan Senin 16 Januari 2017

Bacaan: Ibr. 5:1-10; Mzm. 110:1,2,3,4; Mrk. 2:18-22

Dua anak saya yang masih balita suka sekali kalau dibonceng naik sepeda motor. Sebelumnya kami cuma punya satu helmet anak karena yang paling kecil belum bisa dibonceng naik sepeda motor. Sehingga yang kecil ini ingin sekali punya dan pakai helmet, sehingga di rumah kadang juga pakai helmet.

Saat si kecil sudah bisa dibonceng pakai sepeda motor, kami punya tambahan helmet baru, dan yang terjadi pada awalnya dua anak ini menjadi rebutan ingin pakai yang baru karena bosan dengan yang lama.

Dari peristiwa ini saya belajar kalau kita manusia selalu mempunyai kecenderungan untuk mencari dan mempunyai yang baru. Hal ini wajar karena manusia diciptakan dengan sempurna sehingga selalu mencari yang sempurna yang pada akhirnya akan dapat menemukan Tuhan. Tetapi di sisi lain karena akibat dosa asal manusia juga punya kecenderungan lain, yaitu keinginan yang tidak terkendali atau disebut dapur dosa, yaitu suatu keinginan yang tidak pernah puas atas hal-hal duniawi/serakah. Kecenderungan ini yang membuat manusia sulit untuk menemukan Tuhan.

Melalui ayat ini Yesus mengingatkan kita akan dua hal:

  1. Kita harus memiliki gaya hidup/kebiasaan yang baru, yaitu DOA dan PUASA, yang akan membantu kita mengatasi keinginan yang tidak terkendali tadi sehingga melalui doa dan puasa kita akan benar-benar tahu apa kehendak Tuhan bagi kita.
  2. Doa dan berpuasa ini di sisi yang lain akan mendorong kita untuk semakin masuk ke dalam PERTOBATAN setiap hari yang mana pada akhirnya akan mengubah karakter kita menjadi semakin baik.

Semoga di tahun 2017 ini kita semakin mau untuk menjadi manusia yang baru hari demi hari  sehingga setiap rahmat Tuhan yang kita terima bisa semakin membuat kita mengasihi Tuhan dan sesama. Tuhan Yesus memberkati.

MHP