Luruskanlah Jalan Tuhan

Renungan Harian Senin 2 Januari 2017

Bacaan: 1Yoh. 2:22-28; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 1:19-28

 

Yoh 1: 23  Jawabnya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! Seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya.”

Yohanes adalah Nabi Allah yang diutus berjalan mendahului Tuhan, untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, sebelum Yesus memulai karya pelayanan-Nya di dunia. Setiap kita bisa dipakai seperti Yohanes Pembaptis.

Awal mula saya mengikuti Sentra Evangelisasi Pribadi (SEP), saya baru menyadari bahwa setiap kita bisa dipakai Tuhan untuk ikut ambil bagian dalam karya keselamatan Tuhan bagi seluruh dunia, saat saya sudah melakukan kunjungan rumah untuk mewartakan kabar sukacita, saya menyadari sungguh bahwa tugas perutusan Yohanes adalah mempersiapkan orang mengenal Yesus, Sang Mesias. Saya masih ingat orang yang pertama kali saya kunjungi adalah seorang wanita yang sebatangkara dan dia menderita sakit kanker. Beberapa hari saya mengunjungi dia, menceritakan tentang Yesus dan mengajak dia berdoa. Karena kasih Tuhan yang luar biasa dia alami, akhirnya dia dibaptis sebelum ia dipanggil Tuhan ke surga. Secara pribadi, hati saya  mulai terbuka bahwa banyak orang membutuhkan Tuhan dan saya percaya Tuhan juga rindu ada banyak orang yang mau memiliki hati melayani seperti Yohanes Pembaptis yang mau mempersiapkan jalan untuk Tuhan, meluruskan jalan Tuhan, agar segala ujung bumi melihat keselamatan dari Allah seperti yang tertulis dalam Kitab Mazmur.

Maukah kita menanggapi seperti Yohanes Pembaptis?  

(THW )