Jadilah Terang Bagi Sesama

Renungan 8 Januari 2017, Hari Raya Penampakan Tuhan, Hari Anak Misioner Sedunia

Bacaan: Yes. 60:1-6; Mzm. 72:1-2,7-8,10-11,12-13; Ef. 3:2-3a,5-6; Mat. 2:1-12

Sahabat-sahabat yang kami kasihi, hari ini Gereja merayakan pesta Penampakan Tuhan. Sebuah bintang yang bercahaya dan bersinar terang dari langit, pasti bukan bintang sembarang bintang yang biasa kita lihat di malam hari. Tapi bintang yang bersinar luar biasa yang menarik perhatian tiga orang Majus untuk mengikuti dan mencari dari mana sinar itu datang. Bintang ini akhirnya menolong dan membimbing para Majus untuk bertemu dengan bayi Yesus yang tidak berdaya, tidur di dalam palungan yang kotor hanya berselimutkan sebuah lampin dijaga oleh Bunda Maria dan Bapak Yusuf. Peristiwa ini terjadi dua ribu tahun yang lalu. Kini Yesus hadir di dunia ini bukan lagi sebagai bayi yang lemah tetapi dia hadir sebagai Raja dan Tuhan yang penuh Kuasa dan berjanji untuk menyertai kita semua sampai akhir zaman. Dia hadir untuk Anda dan saya sebagai Juru Selamat pribadi. Kita yang sudah dipilih dan diselamatkan-Nya, kita mempunyai tugas mulia untuk menjadi “bintang-bintang” yang menunjukkan jalan bagi orang-orang yang masih jauh dan belum mengenal Tuhan Yesus, juga bagi mereka yang masih hidup dalam kegelapan.

Yesaya 60:1-2

“Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.”

Doa: Segala Puji Syukur kami haturkan kepada-Mu ya Tuhan. Di tahun baru 2017 yang baru delapan hari kami jalani ini kami rindu agar kemuliaan-Mu nyata melalui hidup kami. Sehingga kami dapat menjadi terang untuk membawa orang datang bertemu dan memuliakan Engkau Raja yang Mulia dan penuh kuasa. Bimbinglah dan tolonglah kami ya Allah Roh Kudus agar tugas mulia ini dapat kami laksanakan. Amin.

-MTIST-