Harapan Baru

Renungan Minggu 1 Januari 2017

Bacaan: Bil. 6:22-27; Mzm. 67:2-3,5,6,8; Gal. 4:4-7; Luk. 2:16-21

Shalom! Selamat Tahun Baru 2017 untuk saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Di awal tahun 2017 ini kita diajak untuk merenungkan bersama tentang rencana apa yang hendak kita lakukan sepanjang 2017 ini, mari kita awali 2017 ini dengan merancangkan masa depan kita dan menaruh harapan kita pada Kristus. Dalam bacaan Injil pada hari ini, diceritakan tentang ketidaktahuan Maria akan maksud kedatangan serta perkataan dari para gembala yang datang mengunjungi Yesus. Dari sikap Bunda Maria, yang pada hari ini kita bersama peringati sebagai Hari Raya Santa Bunda Allah, dapat dijadikan teladan yang hidup dalam menghadapi tahun 2017 ini dengan penuh iman dan harapan.

Teladan Bunda Maria yang pertama yang bisa kita teladani adalah sikap bijaksana dari beliau dalam menghadapi pergumulan hidupnya. Banyak dari pada kita ketika dihadapkan situasi yang sulit seringkali menyalahkan Tuhan dan berusaha bertanya-tanya maksud Tuhan. Terkadang dalam sikap “menyimpan semua perkara hati” atau sikap yang berserah, di situlah kita mampu untuk mengerti apa maksud Tuhan yang ada dalam hidup kita.

Teladan yang kedua dari Bunda Maria adalah percaya totalitas akan rencana Allah. Di tahun yang baru ini kita diajak untuk menggunakan kacamata iman yang percaya akan rencana Allah. Beberapa di antara kita mungkin sudah patah semangat akan menghadapi tahun yang baru ini karena melihat pengalaman di tahun 2016 kemarin, namun pada hari ini kita diajak kembali untuk percaya akan masa depan kita yang sungguh penuh dengan harapan. Pada saat menerima kabar dari Malaikat, mungkin saja Bunda Maria bertanya-tanya apa yang akan terjadi dengan dirinya atau apa yang akan dikata orang tentang dirinya. Di situasi tersebut, Bunda Maria bukannya mundur atau menolak untuk mengambil bagian dari keselamatan justru menaruh imannya dan kepercayaannya pada kehendak Tuhan. Terlihat sukar? Ya! Namun ada jaminan pertolongan dan keselamatan yang datang dari Dia.

Semoga di tahun 2017 ini kita boleh menghilangkan setiap keraguan dan ketakutkan kita akan masa depan karena sungguh masa depan kita penuh harapan di dalam Kristus. Janganlah kita berhenti berharap dan percaya akan keselamatan dan pemenuhan janji-janji-Nya. God bless you! (LT)