You Are The Gospel

Renungan 3 Desember 2016, Pesta St. Fransiskus Xaverius

Bacaan: 1Kor. 9:16-19,22-23; Mzm. 117:1,2; Mrk. 16:15-20.

You are the Gospel

Satu ungkapan “you are the gospel” telah menyadarkan saya bahwa tidak cukup mewartakan Injil hanya saat saya diutus pergi melayani. Tetapi lebih dari itu saya harus mampu menjadi Injil itu sendiri. Artinya ke mana pun saya pergi, saya menjadi Injil kebenaran bagi orang lain. Oleh sebab itu saya harus bisa menghidupi firman Tuhan itu sehingga segala sesuatu yang saya lakukan, katakan dan pikirkan semuanya dapat mencerminkan kebenaran firman Tuhan.

Rahmat Tuhan menyadarkan bahwa selama ini saya lebih fokus pada pelayanan saya, pada diri saya, pada apa yang telah saya lakukan, bukan pada siapa Tuan yang mengutus saya, bukan pada siapa yang saya layani, bukan pada buah-buah apa yang sudah dihasilkan oleh orang-orang yang saya layani.

Saya begitu terpesona dengan apa yang saya lakukan, jadwal-jadwal saya yang begitu padat, kesibukan saya, dan saya suka menceritakannya pada orang lain meskipun mereka tidak tanya. Apalagi melalui media sosial begitu mudahnya tinggal klik dan share, tahulah semua orang. Tanpa saya sadari, saya sudah mendapatkan upah dari pelayanan saya, yaitu pujian hormat, kemuliaan dan pengakuan dari manusia.

Dalam masa adven ini, saya mau bertobat dan mengubah diri, mencontoh rasul Paulus dalam hal mewartakan Injil dengan cara yang baru, yaitu lebih fokus pada Yesus yang mengutus saya, pada siapa yang saya layani, pada buah-buah pewartaan Injil. Menjadi Injil bagi orang lain baik lewat perkataan, perbuatan, pikiran dalam segala situasi baik susah, senang, sukses maupun sedang terpuruk. Mau menjadi jawaban doa, berkat dan terang bagi sesama, agar bisa memenangkan sebanyak mungkin orang. Dipenuhi oleh cinta dan kerendahan hati seperti Santo Franciscus Xaverius, teladan orang kudus yang kita kenang hari ini.

Do you want to be the Gospel? Yes Lord, I want to be the Gospel. I am the Gospel.

Tuhan memberkati.

PPT

Related image