Sukacita Roh Kudus

Renungan Rabu 21 Desember 2016

Bacaan: Kid. 2:8-14 atau Zef. 3:14-18a; Mzm. 33:2-3,11-12,20-21; Luk. 1:39-45

 

Ketika seseorang telah menerima Roh Kudus, dan menyerahkan hidupnya kepada Roh Kudus, maka setiap keberadaannya selalu dibimbing dan disertai oleh Roh Kudus.

Kalau kita lihat dari bacaan Injil hari ini, Maria yang telah menerima Roh Kudus di dalam hidupnya, dia mengalami penyertaan Roh Kudus. Ketika dia mengunjungi Elisabet saudaranya di pegunungan di wilayah Yehuda, Elisabet dapat merasakan pengaruh dan penyertaan Roh Kudus itu di dalam Maria. Sehingga mereka dapat merasakan sukacita, bahkan dikatakan ”melonjaklah anak yang ada di dalam rahimnya”. Ini menunjukkan bahwa di mana ada Roh Kudus selalu ada sukacita.

Apabila seseorang telah menerima dan dibimbing oleh Roh Kudus, maka hidupnya penuh dengan sukacita dan selalu memuji serta mengucap syukur kepada Tuhan. Kehadirannya selalu membuat orang lain sukacita, kehadirannya selalu diharapkan, dan saat dia pergi orang lain merasa kehilangan.

Sungguh sangat berbeda dengan orang yang hanya dikuasai oleh roh kebencian, roh kekuatiran, roh  kesombongan, dll, setiap kehadirannya hanya menimbulkan keresahan. Orang yang seperti ini kehadirannya tidak diharapkan, dan kepergiannya tidak disesalkan, orang lain tidak akan merasa kehilangan saat dia pergi, karena orang seperti ini tidak membawa sukacita.

Kita semua telah menerima Roh Kudus di dalam pembatisan, namun sering kali kita abaikan keberadaan Roh Kudus itu di dalam hati kita. Marilah kita meneladani Bunda Maria, ketaatan dan sedianya untuk menerima penyertaan dan bimbingan Roh Kudus membawa cuka cita, bukan hanya untuk dirinya tetapi juga membawa suka cita didalam hati setiap orang yang dijumpainya.

Apakah kita sudah memberi kesempatan kepada Roh Kudus untuk memimpin dan membimbing hidup kita? Ataukah kita masih selalu mengandalkan diri kita sendiri?

Allah Bapa yang penuh kasih, kasihanilah kami yang selama ini mengabaikan bimbingan Roh Kudus, dan mampukan kami untuk mendengar dan menerima bimbingan Roh Kudus di dalam hidup kami, demi Kristus Tuhan dan juru selamat kami, amin.

FXG