Mission Possible

BAGI TUHAN TIDAK ADA YANG MUSTAHIL

Bacaan: Kej. 3:9-15,20; Mzm. 98:1,2-3ab,3bc-4; Ef. 1:3-6,11-12; Luk. 1:26-38

Shalom Saudara-Saudari terkasih dalam Yesus

Saya adalah penggemar film laga. Salah satu film laga favorit saya adalah Mission Impossible. Film ini sudah ada sejak saya SMA. Ceritanya tentang sekelompok agen rahasia yang melaksanakan tugas super berat. Tugas super berat ini tampaknya sangat tidak mungkin dilakukan, tapi kelompok ini mampu melakukannya. Saya selalu terkesima dengan cara mereka melakukan tugas ini, ada banyak peralatan canggih yang digunakan.

Bunda Maria juga harus menjalani tugas yang maha berat, yaitu menerima kehendak Bapa untuk hamil walau belum menikah. Mission impossible bagi manusia, tapi tidak bagi Allah. Allah yang maha segalanya, tahu siapa yang layak dipilih. Dan pilihan Allah tidak pernah salah. Bunda Maria pasti kaget, bukan berita yang menyenangkan sebagai seorang gadis. Tapi Allah tahu, Bunda Maria punya sikap kerendahan hati yang mampu menerima misi tidak masuk akal.

Kerendahan hati adalah senjata yang paling ampuh untuk menerima kehendak Allah. Tanpa kerendahan hati, maka mustahil menerima kehendak Allah. Seringkali kita juga terjatuh di dalam hal menerima kehendak Allah, sering kita menolak kehendak Allah dan berkata, “Allah salah pilih saya”.

Saudara terkasih, mari belajar dari Bunda Maria untuk melakukan misi mustahil dari Allah, miliki senjata utama untuk menerima kehendak Allah yaitu kerendahan hati. Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan (Amsal 22:4).

Doa: Bapa yang penuh kasih, anugerahkanlah kepada kami kerendahan hati, agar kami mampu setiap saat menerima kehendak-Mu di dalam hidup kami. Mampukan kami untuk meneladani sikap berserah Bunda Maria dalam menerima kehendak-Mu. Aku ini hamba-Mu, terjadilah padaku seturut kehendak-Mu. Amin

Selamat berkarya, Tuhan Yesus memberkati.

BVJSW