Sudahkah Kerajaan Allah Datang?

Renungan Kamis 10 November 2016

Bacaan: Flm. 7-20; Mzm. 146:7,8-9a,9bc-10; Luk. 17:20-25

Sudahkah Kerajaan Allah datang?

Shalom Saudara terkasih di dalam Kristus.

Hari ini kita merenungkan tentang Kerajaan Allah. Sang Pemazmur bernyanyi, “Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong.”

Ya, berbahagialah kita jika penolong kita adalah Allah Yakub. Allah Yakub adalah Allah segala bangsa dan seluruh umat manusia. Seorang penolong tidak akan jauh dari yang dikawalnya. Sebab dengan demikian penolong akan lebih mudah memberikan pertolongan tepat pada waktunya.

Siapakah Allah Yakub Sang Penolong bagi kita? Berada di sebelah manakah Dia saat ini? Pertanyaan ini penting jawabannya karena menjadi alasan yang kuat untuk dapat menjawab tema renungan hari ini.

Ketika Sang Penolong sudah bersemayam di dalam lubuk hati yang paling dalam, Dia sudah merasuki hati.  Kuasa-Nya akan memancar keluar. Rahmat-Nya akan mendarah daging. Kasih Karunia-Nya akan terpendar ke mana-mana, ke siapa saja.  Allah Yakub Sang Penolong yang sudah bersemayam di dalam diri kita akan menguasai seluruh kehidupan kita. Sifat-sifat-Nya yang mulia akan memancar melalui kita.

Buah Roh yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kelemahlembutan dan penguasaan diri, akan tercermin dari perilaku kita sehari-hari dan dinikmati oleh siapa saja yang bersama kita, atau yang kita jumpai.

Saat inilah Kerajaan Allah sudah datang kepada kita! Yaitu saat ketika Allah meraja atau menjadi Raja di dalam hidup kita. Seluruh sisi kehidupan kita dikuasai-Nya, dipimpin-Nya, dipakai-Nya. Seperti Sabda Yesus Luk 17:21b, “Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu.”

Maka pertanyaan orang-orang Farisi kepada Yesus, “Apabila Kerajaan Allah akan datang”, tidak perlu kita tanyakan atau bahkan kita cari-cari. Sebab seperti sabda Yesus tidak ada tanda-tanda lahiriah. Selain kita membuka hati akan kehadiran Allah dan mengangkat-Nya sebagai Raja atas seluruh kehidupan kita. Datanglah Kerajaan-Mu ya Allah. Amin. Tuhan Yesus memberkati. (ANS)

Image result for kingdom of God