Mujizat Terjadi

Renungan Senin 28 November 2016

Bacaan: Yes. 2:1-5 atau Yes. 4:2-6; Mzm. 122:1-2,3-4a,4b-5,6-7,8-9; Mat. 8:5-11

Belas kasih Yesus, yang selalu tercurah bagi banyak  orang yang membutuhkan pertolongan, itu pun juga dimiliki oleh seorang Perwira dari Kapernaum. Perwira ini tidak sakit, tetapi dia ingin menolong hambanya yang sedang sakit. Dia tahu bahwa Yesus mampu menyembuhkan, begitu banyak yang dia dengar dan dia saksikan bahwa Yesus telah menyembuhkan banyak orang. Maka peristiwa itu semakin menumbuhkan iman percayanya saat dia mengetahui bahwa hambanya sedang sakit dan sangat menderita. Perwira itu pun datang menemui Yesus, katanya: “Tuan, hambaku terbaring di rumah, karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.” Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.” Jawab perwira itu: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.”

Iman percaya kita, tidak hanya menjadi berkat bagi diri kita sendiri, tetapi juga menjadi berkat bagi orang di sekitar kita. Kita tidak mampu menolong orang-orang di sekitar kita, tetapi kita tahu, bahwa Tuhan Yesus mampu menyelesaikan setiap persoalan kita asal kita percaya, berserah dan bergantung kepada-Nya dengan iman penuh harap seperti yang terjadi pada seorang perwira yang hambanya sedang sakit.

Saya pernah mendengar kesaksian bagaimana seorang umat Allah memohon pertolongan Tuhan dengan sikap doa, tidak berlutut, tetapi tersungkur di hadapan Tuhan (tertelungkup), tanda ketidakberdayaan. Beberapa tahun kemudian saya menghadapi persoalan yang sangat berat dan saya teringat sebuah kesaksian yang saya dengar. Dengan penuh iman, saya ikuti. Tetapi karena situasi tidak memungkinkan di depan banyak orang, saya tidak tersungkur, tetapi sikap hati saya yang jatuh tersungkur di hadapan Tuhan, memohon belas kasih-Nya dan seketika Tuhan Yesus menolong saya dan mujizat terjadi bahwa saya boleh melewati persoalan dengan pertolongan Tuhan.

Bapa, bantu setiap kami, berani mengungkapkan iman percaya kami, bagi setiap orang di sekitar kami sehingga mereka pun boleh menerima kasihmu melalui  pemulihan dari masalah mereka, sehingga mereka pun menjadi semakin percaya bahwa Engkaulah  Allah yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. KSM