Kristus Raja Semesta Alam

Renungan Minggu 20 November 2016

Bacaan: 2Sam. 5:1-3; Mzm. 122:1-2,4-5; Kol. 1:12-20; Luk. 23:35-43

YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” (Mat. 23:42-43)

Hari ini Gereja merayakan Yesus Kristus Raja Semesta Alam. Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia (Kol 1:16). Perayaan ini menutup tahun liturgi Gereja. Minggu depan kita memasuki Minggu Adven yang pertama.

Perayaan pada hari ini menyadarkan kita semua bahwa Tuhan Yesus Kristus benar-benar merupakan pribadi yang Maha Kasih dan Maha Kuasa. Dalam nama-Nya bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi. Perkataan dan perbuatan-Nya penuh daya kuasa. Pengajaran-Nya berwibawa. Banyak mujizat terjadi melalui Sabda dan jamahan-Nya. Kekuatan alam, penyakit, kematian, roh-roh jahat tunduk kepada-Nya. Oleh kasih dan kuasa-Nya, Ia menyelamatkan dan membebaskan manusia melalui penebusan dan pengampunan-Nya yang tiada terbatas.

Tuhan Yesus Kristus Raja Semesta Alam adalah sungguh-sungguh Allah yang hidup, Allah yang penuh kasih dan kuasa.

Kadang-kadang kita perlu teduh sejenak dan bertanya; apa yang terjadi dengan manusia kalau Allah itu Maha Kasih tetapi “tidak Maha Kuasa”? Atau sebaliknya Allah itu Maha Kuasa tetapi “tidak Maha Kasih”?

Bila Allah Maha Kasih tetapi “tidak Maha Kuasa”, maka Allah sangat mencintai, mengasihi kita manusia. Tetapi Allah tidak bisa menjadi tempat perlindungan kita. Kalau kita punya masalah, Dia tidak dapat memberikan jalan keluar dan menyelesaikan masalah kita karena Dia tidak punya kuasa. Kalau hidup kita menyimpang, amburadul, “semau gue”, Allah tidak akan dapat mendorong diri kita untuk berubah, menjadi hidup benar di hadapan-Nya.

Sebaliknya, kalau Allah itu Maha Kuasa dan “tidak Maha Kasih”, maka dengan kuasa-Nya Allah dapat menyelesaikan masalah kita. Tetapi kita akan sulit berelasi dengan Allah karena kita akan selalu was-was, penuh ketakutan untuk mendekati-Nya. Bahkan kita tidak akan pernah berani menanyakan kebenaran firman-firman-Nya yang tertulis dalam Alkitab, kita mungkin hanya menelan mentah-mentah kebenaran firman-Nya, karena di hadapan kita, Allah merupakan seorang diktaktor yang penuh kuasa dan menyeramkan.

Beruntunglah kita, Raja Semesta Alam adalah Allah yang Maha Kasih dan Maha Kuasa.

Karena Kasih dan Kuasa-Nya, Ia sanggup mengampuni penjahat yang memohon belas kasihan-Nya, “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” (Mat. 23:42) dan Ia memberi tempat di dalam rumah-Nya. “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” (Mat. 23:43)

Demikian pula karena Kasih dan Kuasa-Nya, melalui perusahaan di mana saya bekerja, Ia memindahkan tugaskan saya sekeluarga dari Jakarta ke Surabaya.

Awalnya saya tidak bisa menerima keputusan itu. Namun akhirnya saya menyadari. Rupanya di kota Surabaya ini, Tuhan Yesus Raja Semesta Alam mulai membentuk saya untuk mengalami pertumbuhan iman dan pembaharuan hidup. Ia mulai memproses hidup saya, dengan terlebih dahulu mendorong saya untuk terlibat dalam kegiatan PDKK di wilayah. Kemudian melalui seorang sahabat, saya didaftarkan ke SEP. Dan di SEP inilah, Tuhan Yesus dengan Kasih dan Kuasa-Nya melakukan pembaharuan hidup saya dan menumbuhkan iman saya melalui relasi secara pribadi dengan diri-Nya. Melalui SEP, Ia menarik saya untuk bersandar sepenuhnya kepada-Nya.

Terima kasih Tuhan Yesus, karena kasih dan kuasa-Mu, Engkau telah memberi kesempatan kepada kami sekeluarga untuk dapat bersandar dan berelasi sepenuhnya dengan Engkau, mengalami pertumbuhan iman dan pembaharuan hidup. Terlebih Engkau senantiasa memberi pertolongan dan jalan keluar terhadap persoalan-persoalan yang kami hadapi tepat pada waktunya. Sungguh Engkau adalah Allah yang heran dan besar, penuh kasih dan kuasa. Amin.

Tuhan memberkati

SET

Image result for king of the universe