Waspada Terhadap Ragi

Renungan Jumat 14 Oktober 2016

Bacaan: Ef. 1:11-14; Mzm. 33:1-2,4-5,12-13; Luk. 12:1-7

Saat Yesus mengajar kepada murid-murid-Nya, kata-Nya, “Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan kaum Farisi. Tiada sesuatu pun yang tertutup yang takkan dibuka, dan tiada sesuatupun yang tersembunyi yang takkan diketahui.”

Yesus menegaskan kepada kita semua sebagai murid-murid Yesus untuk selalu waspada terhadap kemunafikan kaum Farisi, yang tanpa sadar sering kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal-hal yang buruk yang bertentangan dengan firman Tuhan atau melakukan kehidupan yang tidak dipimpin oleh Roh Allah yaitu keinginan dan kehendak kita sendiri. Sering kita digerakkan Tuhan untuk melakukan sesuatu yaitu mengingatkan orang-orang di sekitar kita yang melakukan perbuatan yang tidak baik, tetapi kita tidak melakukannya karena kita segan, karena orang tersebut punya kedudukan tinggi, orang kaya atau orang yang punya kekuasaan. Kita tidak mau dianggap tidak baik, bahkan kita sering bersikap seolah-olah apa yang dilakukannya adalah hal yang benar. Kita sering hidup terikat dengan “Apa kata orang di sekitar kita”. Apakah kita mau hidup dibimbing oleh Roh Kudus?

Ya Bapa, bantu setiap kami untuk dapat berusaha hidup tidak dalam kemunafikan yang tidak sesuai dengan Sabda-Mu , tetapi kami boleh hidup yang digerakkan oleh Roh Kudus di mana kami bisa merasakan, mengenali dan mengikuti bimbingan Roh Kudus-Mu.

Tuhan Yesus memberkati.

KsmImage result for beware of the leaven of the pharisees luke 12:1